Sabtu, 07 April 2018

Alat Musik Tradisional Aceh Beserta Penjelasannya

Alat Musik Tradisional Aceh dan PenjelasannyaSetiap daerah memiliki alat musik tersendiri sebagai ciri khas dari daerahnya seperti halnya Jawa Barat, Bali, termasuk juga Aceh. Beberapa alat musik tradisional dari Aceh adalah Canang, Arbab, Celempong, Bangsi Alas, Geundrang, Rapai atau Rebana, Bereguh, Tambo, Serune Kalee, dan Taktok Trieng.

Adapun Alat Musik Tradisional Aceh Beserta Penjelasannya adalah sebagai berikut.
1. Alat Musik Canang
Canang Alat Musik Tradisional Aceh Beserta Penjelasannya
Canang merupakan sebuah alat musik tradisional yang khas Aceh. Canang bentuknya menyerupai kenong atau juga gong kecil. Canang ini merupakan alat musik yang terbuat dari bahan kuningan, dimana dulunya seringkali dijumpai dalam keseharian masyarakat Tamiang, Aceh, Gayo, dan juga Alas. Masing-masing dari daerah itu mempunyai sebutan yang berbeda untuk alat musik ini. Masyarakat Gayo misalnya yang menyebutnya “Teganing“, di Aceh disebut dengan “Canang Trieng”, masyarakat Tamiang menyebutnya dengan “Kecapi”, dan di Alas disebut sebagai “Kecapi Olah“. Canang ini adalah alat musik yang menghasilkan nada melodis, sehingga seringkali dimainkan sebagai hiburan di waktu-waktu senggang mapun ketika hiburan saat bekerja.

2. Alat Musik Arbab
Arbab Alat Musik Tradisional Aceh Beserta Penjelasannya
Arbab merupakan sebuah alat musik tradisional dari Aceh, yang dimainkan dengan cara digesek. Bentuk dari alat musik Arbab ini hampir menyerupai rebab, tetapi dari cara pembuatannya sendiri Arbab itu terbilang unik dan juga berbeda. Arbab dibuat dari batok kelapa, kulit kambing, kayu dan juga dawai. Selain itu, Arbab ini mempunyai suatu busur (alat penggesek) yang terbuat dari serat tumbuhan ataupun rotan. Busur ini dinamakan sebagai Go Arbab.
Secara umum, Arbab ini difungsikan sebagai alat musik melodis. Hal itu karena bisa menghasilkan nada-nada tertentu. Alat musik ini yang dahulunya dimainkan sebagai pengiring lagu-lagu hikayat, namun pada saat ini sudah mulai punah dan sudah jarang dimainkan lagi.

3. Alat Musik Celempong
Celempong Alat Musik Tradisional Aceh Beserta Penjelasannya
Calempong ataupun Talempong merupakan alat musik yang hampir dikenal oleh seluruh masyarakat Melayu di Nusantara. Calempong adalah instrumen perkusi yang terbuat dari susunan gong yang memiliki ukuran beragam. Calempong dimainkan dengancara dipukul menggunakan alat pemukul khusus. Alat musik celempong ini berfungsi sebagai penghasil nada melodis.

4. Alat Musik Bangsi Alas
Bangsi Alas Alat Musik Tradisional Aceh Beserta Penjelasannya
Bangsi alas, yang biasanya disebut Bangsi saja merupakan alat musik tradisional dari Aceh yang dimainkan dengan cara ditiup. Instrumen ini dibuat dari bambu dengan tujuh (7) buah lubang nada di bagian batangnya. Dalam pertunjukan musik, bangsi alas ini berfungsi sebagai alat musik ritmis pengiring sebuah lagu.

5. Alat Musik Geundrang
Geundrang Alat Musik Tradisional Aceh Beserta Penjelasannya
Geundrang atau juga genderang merupakan instumen yang bentuknya seperti gendang pada umumnya. Alat musik geundrang dimainkan dengancara dipukul pada bagian membrannya dengan menggunakan telapak tangan atau juga menggunakan kayu pemukul. Fungsi dari geundrang ini sebagai pengatur alunan nada dari suatu pertunjukan orkestra Serunee Kalee.

6. Alat Musik Rapai atau Rebana
Rapai atau rebana Alat Musik Tradisional Aceh Beserta Penjelasannya
Rapai merupakan instrumen ritmis yang terbuat dari bahan kayu dan juga kulit lembu. Rapai ini dimainkan dengan cara dipukul dengan menggunakan telapak tangan.

7. Alat Musik Bereguh
Bereguh Alat Musik Tradisional Aceh Beserta Penjelasannya
Bereguh merupakan alat musik tiup yang khas dari Aceh. Bereguh terbuat dari tanduk kerbau. Fungsi dari bereguh ini bukan sebagai hiburan, tetapi sebagai sarana untuk melakukan komunikasi antarmasyarakat Aceh pada zaman dahulu yang hidup secara terpisah di tengah hutan.

8. Alat Musik Tambo
tambo Alat Musik Tradisional Aceh Beserta Penjelasannya
Tambo merupakan sebuah bedug besar yang berbunyi apabila dipukul dengan menggunakan pemukul kayu. Tambo ini terbuat dari batang pohon iboh (bak Iboh), kulit lembu, dan tali rotan. Fungsi tambo di masa lalu adalah sebagai sarana untuk mengumpulkan masyarakat di Menasah supaya mau melaksanakan sholat secara berjamaah.

9. Alat Musik Serune Kalee
Serune kalee Alat Musik Tradisional Aceh Beserta Penjelasannya
Serune Kalee merupakan sebuah alat musik yang bentuknya menyerupai terompet atau juga klarinet yang dimainkan dengan cara ditiup. Instrumen ini jarang dimainkn secara sendirian, tetapi seringkali dimainkan bersamaan dengan geunderang, rapai, dan juga beberapa instrumen lainya.

10. Alat Musik Taktok Trieng
taktok trieng Alat Musik Tradisional Aceh Beserta Penjelasannya
Taktok Trieng adalah alat musik yang terbuat dari batang bambu besar dengan lubang di salah satu bagiannya. Taktok Trieng  bisa menghasilkan bunyi yang keras ketika dipukul dengan menggunakan kayu. Fungsi dari taktok trieng adalah sebagai sarana informasi di balai pertemuan, Meunasah (masjid), atau juga sebagai pengusir burung di sawah.

Sumber Pengetahuan :
http://adat-tradisional.blogspot.com/2016/08/alat-musik-tradisional-aceh.html

Demikianlah penyajian pengetahuan tentang Alat Musik Tradisional Aceh Beserta Penjelasannya. semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Alat Musik Tradisional Aceh Beserta Penjelasannya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email