Kamis, 15 Februari 2018

Contoh Sumber Energi Alternatif Materi IPA SD

Materi IPA SD Tentang Contoh Sumber Energi Alternatif : Tahukah kalian apa yang dimaksud dengan energi alternatif? Energi alternatif merupakan sebuah istilah yang merujuk pada semua energi yang bisa digunakan yang memiliki tujuan untuk menggantikan bahan bakar konvensional tanpa adanya akibat yang tak diharapkan dari hal tersebut. Secara umum, istilah ini digunakan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar hidrokarbon yang mengakibatkan kerusakan lingkungan akibat emisi karbon dioksida yang tinggi, yang berkontribusi besar terhadap pemanasan global berdasarkan Intergovernmental Panel on Climate Change.
Contoh Sumber Energi Alternatif Materi IPA SD
Selain itu, Oxford Dictionary mendefinisikan bahwa energi alternatif sebagai energi yang digunakan dengan tujuan untuk menghentikan penggunaan sumber daya alam ataupun pengrusakan lingkungan.
Nah, setelah kalian mengetahui apa yang dimaksud dengan energi alternatif, bisakah kalian menyebutkan contoh-contoh yang termasuk dalam energi alternatif tersebut?
Di bawah ini akan kami sajikan beberapa Contoh Sumber Energi Alternatif sebagai bagian dari Materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar, dan untuk sekolah lanjutannya.

Sumber Energi Alternatif
1. Matahari
Matahari merupakan sumber energi yang paling besar. Energi matahari ini seringkali disebut sebagai energi solar. Matahari, membantu tumbuh-tumbuhan untuk mengolah makanannya (proses fotosintesis). Panas matahari pun juga sangat membantu dalam proses pengeringan hasil panen, pembuatan garam, dan juga penguapan air laut, air sungai, dan air danau sehingga terjadi hujan. Energi matahari bisa digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik.  Listrik yang dibangkitkan dengan energi matahari disebut sebagai  listrik tenaga surya.

2. Angin
Angin merupakan udara yang bergerak. Angin terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara. Dimana udara bergerak dari daerah yang bertekanan tinggi ke suatu daerah yang bertekanan rendah. Atau, dari daerah yang suhunya lebih rendah ke daerah yang suhunya lebih tinggi. Energi angin, bisa diperoleh secara gratis dan tak menimbulkan polusi. Namun, apabila tidak ada angin yang berhembus dengan kuat maka turbin atau juga generator akan mati. Dengan begitu, maka pasokan energi yang dihasilkan menjadi sedikit. Bagaimana angin digunakan sebagai sumber energi pembangkit listrik? Alat yang menghasilkan listrik dari tenaga angin adalah aerogenerator. Generator ini secara umum berbentuk menara yang dipasang kincir atau baling-baling. Baling-baling berputar saat diterpa angin. Perputaran baling-baling inilah yang menyebabkan generator menghasilkan listrik.

3. Energi Panas Bumi (Geotermal)
Energi panas bumi merupakan sebuah energi panas yang berasal dari dalam bumi. Energi panas bumi sebagai salah satu sumber energi yang bisa diperbarui. Energi ini hanya bisa dimanfaatkan apabila panas bumi berada di dekat permukaan bumi.

4. Energi Air
Air sudah menyediakan tenaga untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sejak dahulu, telah dibuat kincir-kincir air. Tenaga gerakan kincir oleh air bisa digunakan untuk menggerakkan berbagai alat, seperti penumbuk padi, alat untuk mengairi sawah, dan lain-lain. Ketika pengetahuan semakin maju, maka kincir air bia digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik.

5. Bahan Bakar Biomassa
Tumbuhan dan juga hewan menghasilkan material yang disebut dengan bahan bakar biomassa. Kayu sebagai salah satu contoh bahan bakar yang dihasilkan oleh makhluk hidup, yakni tumbuhan. Kebutuhan kayu tak hanya sebagai bahan bakar saja. Namun juga dimanfaatkan oleh manusia untuk keperluan membuat rumah dan perabotan lainnya. Semakin menipisnya cadangan kayu tersebut menimbulkan gagasan untuk menggunakan kotoran hewan sebagai bahan bakar. Kotoran ternak dimanfaatkan sebagai biogas.

6. Biofuel
Biofuel merupakan energi yang asalnya dari bahan-bahan nabati seperti minyak bumi, tanaman jarak, jagung. Energi ini bisa digunakan untuk bahan bakar yang disebut sebagai Bahan Bakar Nabati, yakni dalam bentuk biodiesel dan juga bioetanol yang menjadi alternatif bahan bakar kendaraan. Biofuel dalam bentuk biodiesel dibuat dari minyak nabati, seperti minyak kepala sawit atau juga CPO dan minyak jarak pagar atau juga CJCO.

Sumber Pengetahuan :
https://id.wikipedia.org/wiki/Energi_alternatif
http://www.ilmusiana.com/2016/01/15-sumber-energi-alternatif-di-alam.html
Buku Bse Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 SD/MI

Demikian penyajian beberapa Contoh Sumber Energi Alternatif Materi IPA SD. Selamat belajar dan semoga sukses!

Artikel Terkait

Contoh Sumber Energi Alternatif Materi IPA SD
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email