Rabu, 21 Februari 2018

Alat Musik Tradisional Bali Dilengkapi Gambar dan Penjelasannya

Alat Musik Tradisional Bali - Siapa yang tak kenal dengan Bali? Keindahan alamnya yang banyak memikat wisatawan asing dan juga lokal. Bukan hanya itu saja, Bali juga memiliki Alat Musik Tradisional. Beberapa alat musik tradisional Bali adalah Gamelan Bali, Rindik, Ceng Ceng, Pereret, dan Genggong.

1. Gamelan Bali
Alat Musik Tradisional Bali Dilengkapi Gambar dan Penjelasannya
Gambar Gamelan Bali
Gamelan Bali merupakan salah satu jenis Gamelan yang ada di Indonésia. Gamelan Bali sebagai salah satu jenis alat musik tradisional khas dari Bali. Gamelan Bali ini mempunyai beberapa perbedaan dengan alat musik gamelan pada umumnya, baik dalam bentuk maupun juga cara memainkannya. Biasanya, Gamelan Bali ini ditampilkan sebagai pengiring suatu pertunjukan kesenian di Bali, baik yang bersifat sakral maupun juga hiburan.
Gamelan bali juga disebut dengan rincikan, dengan nama-nama gamelan Bali yakni, Jiyèng, Réyong, Kanthil, Jublak, Gangsé, Gong, Jigog, Kenong, Cèng-cèng (Kecrak), Kethuk, Kendhang, Gendèr, dan Suling

2. Rindik
Alat Musik Tradisional Bali Dilengkapi Gambar dan Penjelasannya
Gambar Alat Musik Rindk Bali
Rindik merupakan salah satu alat musik tradisional khas Bali yang terbuat dari potongan-potongan bambu. Rindik, dimainkan dengan cara dipukul menggunakan sebuah alat tabuh secara bergantian, sehingga menghasilkan suara yang merdu.
Di Bali, Rindik biasanya ditampilkan sebagai alat musik pengiring dalam suatu pertunjukan joged bumbung. Selain itu, Rindik pun seringkali ditampilkan dalam mengiringi upacara pernikahan atau juga resepsi.

3. Ceng Ceng
Alat Musik Tradisional Bali Dilengkapi Gambar dan Penjelasannya
Gambar Alat Musik Ceng Ceng Bali
Di Bali, terdapat alat musik yang bernama “Ceng Ceng”. Alat musik ini merupakan bagian terpenting dari seperangkat gamelan Bali. Dimana, ceng ceng terbuat dari kayu nangka dan juga tembaga. Alat ini terdiri dari 6 buah logam bundar pada bagian bawahnya dan 2 buah logam bundar pada bagian atasnya.
Alat musik tradisional ceng ceng dimainkan dengan cara tembaga bagian atas dipukulkan ke bagian tembaga bundar bawah. Dengan demikian, akan menimbulkan suara yaitu “ceng ceng.”

4. Pereret
Alat Musik Tradisional Bali Dilengkapi Gambar dan Penjelasannya
Gambar Alat Musik Pereret Bali
Pereret merupakan jenis alat musik tradisional Bali yang termasuk sebagai alat musik kuno sejenis trompet yang dibuat dari bahan kayu dengan dibentuk sedemikian rupa, sehingga menjadi trompet. Alat musik Pereret ini banyak dibuat di daerah Jembrana, Bali. Biasanya, alat musik Pereret ini digunakan untuk mengiringi kesenian Sewo Gati. Cara memainkannya adalah dengan cara meniup alat tersebut, sehingga keluar suara yang sangat merdu dan juga bisa menawan hati.

5. Genggong
Alat Musik Tradisional Bali Dilengkapi Gambar dan Penjelasannya
Gambar Alat Musik Genggong Bali
Genggong adalah salah satu jenis instrumen getar yang unik. Genggong, alat musik yang terbuat dari pelepah daun aren yang diikat dengan Tali. Suara alat musik genggong ini terbilang cukup unik, dan juga menarik seperti suara katak yang bersahutan. Suara tinggiya disebut “geng” dan suara rendahnya disebut “gong”.
Adapun cara membunyikannya genggong ini adalah dengan cara mengulum atau yanggem pada bagian yang disebut dengan “palayah”nya. Jari tangan kiri, memegang ujung alat sebelah kiri dan untuk tangan kanan menggenggam tangkai bambu kecil yang dihubungkan dengan tali benang dengan ujung alat di sebelah kanan. Untuk membunyikannya, maka benang itu ditarik-tarik ke samping kanan menyudut ke depan, tetapi tidak meniupnya. Rongga mulut hanya sekedar sebagai resonator, dibesarkan ataupun dikecilkan sesuai dengan rendah atau tinggi nada yang diinginkan.

Sumber Pengetahuan :
https://id.wikipedia.org/wiki/Gamelan_Bali
http://www.negerikuindonesia.com/2015/09/gamelan-bali-kesenian-musik-tradisional.html
http://www.kamerabudaya.com/2016/12/rindik-alat-musik-tradisional-khas-bali.html
http://panduanwisata.id/2014/11/11/mengenal-alat-musik-tradisional-ceng-ceng-bali/
http://budaya-indonesia.org/Pereret-Bali
https://semuatentangprovinsi.blogspot.co.id/2016/05/alat-musik-tradisional-daerah-provinsi-bali.html

Demikian penyajian Alat Musik Tradisional Bali Dilengkapi Gambar dan Penjelasannya. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Alat Musik Tradisional Bali Dilengkapi Gambar dan Penjelasannya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email