Senin, 15 Januari 2018

Pengelolaan Uang, Materi IPS Kelas 3 SD

Materi IPS Kelas 3 SD Tentang Pengelolaan Uang : setiap hari, tentunya kalian pernah diberi uang oleh orang tua kalian. Bagaimana cara kalian mengelola uang tersebut? Apakah langsung digunakan untuk jajan semua atau kalian coba bagi lagi untuk semua kebutuhan kalian?
Anak yang pandai, biasanya apabila diberi uang oleh kedua orangtua nya makan akan melakukan pengelolaaan terhadap uang itu dengan baik. Misalnya, diberi uang Rp5.000,00 tiap hari, maka akan digunakan untuk membayar angkot ke sekolah dan pulang Rp1.500,00, untuk membeli jajanan Rp1.500,00, dan sisanya akan ditabung atau untuk membeli keperluan sekolah.
Pelajari juga : Sejarah Uang dan Manfaat Uang

Pengelolaan Uang, Materi IPS Kelas 3 SD

Pengelolaan Uang sesuai Kebutuhan
Uang memang sebagai kebutuhan yang utama. Untuk mempunyai uang, maka seseorang harus mencarinya dengan bekerja. Orang yang bekerja akan memperoleh upah atau gaji yang berupa uang yang nantinya dapat digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya sehari-hari.
Kebutuhan manusia sehari-hari banyak sekali. Kebutuhan pokok manusia terdiri dari makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Setelah semua kebutuhan pokok terpenuhi, maka tentunya ingin memenuhi kebutuhan yang lain, misalnya saja adalah pendidikan, hiburan, dan sarana transportasi.
Agar kita tak salah dalam menggunakan dan mengelola uang, maka sebaiknya dalam membelanjakan uang kita membuat skala prioritas, yakni mendahulukan yang sangat penting menurut kemampuan dan kebutuhannya. Sebagai seorang pelajar, tentu kalian memiliki beberapa kebutuhan, ada yang segera dan juga ada yang bisa ditunda.

Manfaat Mengelola Uang sesuai Penggunaan
Uang yang kita peroleh dengan susah payah, hendaknya digunakan sesuai dengan kebutuhan. Uang yang kita miliki jangan dihabiskan secara sekaligus. Lebih baik, kita sisihkan sedikit untuk menabung supaya bisa digunakan untuk masa depan. Kita harus belajar hidup hemat.
Adapun manfaat mengelola uang dengan baik adalah berikut ini.
a. Dapat mengatur antar pemasukan dan juga pengeluaran.
b. Dapat membedakan kebutuhan yang penting dan juga kebutuhan tidak penting.
c. Hidup tidak boros dan juga dapat lebih hemat.
d. Terbiasa menyimpan uang.
e. Semua kebutuhan bisa terpenuhi.
f. Hidup menjadi lebih terarah dan juga terencana.

Demikian penyajian Materi IPS Kelas 3 SD Tentang Pengelolaan Uang, yang bersumber dari Buku Bse Depdiknas. Selamat belajar dan semoga sukses!

Artikel Terkait

Pengelolaan Uang, Materi IPS Kelas 3 SD
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email