Senin, 15 Januari 2018

Mengenal Sejarah Uang, Materi IPS Kelas 3 SD

Materi IPS Kelas 3 SD Tentang Sejarah Uang : Kalian pastinya sangat tahu dengan namanya ‘uang’ kan? Namun, tahukah kalian bagaimana sejarah dari uang itu sendiri? Pada zaman dulu, dalam mencukupi kebutuhannya, manusia menghasilkan barang sendiri. Akan tetapi, sejalan  dengan meningkatnya kebutuhan hidup manusia pada zaman dulu, mereka tak mampu lagi memenuhi kebutuhannya sendiri.

Mengenal Sejarah Uang, Materi IPS Kelas 3 SD

Dengan begitu, agar bisa memenuhi kebutuhannya, maka setiap orang membutuhkan orang lain. Kebutuhan akan barang dan juga jasa yang tak bisa diproduksi sendiri, bisa diperoleh dari pihak lain dengan cara barter. Barter adalah sebuah proses tukar-menukar barang.

Alasan Meninggalkan Barter
Dalam perkembangannya, ternyata cara barter tersebut menemui beberapa kesulitan yang diantaranya berikut ini.
a. Sulit menemukan nilai barang yang akan ditukarkan.
b. Sulit menemukan orang yang cocok untuk diajak barter.
c. Sulit untuk menyimpan barang yang ditukarkan.
Kesulitan yang terdapat dalam barter ini akhirnya punj juga mendorong munculnya cara lain untuk melakukan tukar-menukar, yaitu pertukaran dengan uang barang. Uang barang bisa berupa kulit, emas, kerang, atau juga garam. Penggunaan uang barang ini pun ternyata juga terdapat banyak kesulitan. Kesulitan itu pun timbul karena pada umumnya barang yang dipakai sebagai
perantara mempunyai sifat-sifat sebagai berikut.
a.   Nilainya tidak stabil, karena untuk barang-barang tertentu seringkali mengalami perubahan nilai dalam waktu yang relatif singkat.
b. Sulit disimpan, orang mengalami kesulitan untuk menyimpan barang-barang tertentu atau juga mungkin karena untuk menyimpan membutuhkan biaya yang cukup besar.
c. Tidak tahan lama, beberapa barang yang digunakan sebagai uang barang ternyata ada yang mudah rusak, misalnya garam. Garam akan mencair jika disimpan terlalu lama.
d. Sulit untuk dipindahkan ke tempat lain, ada sebagian barang yang sulit dipindahkan karena ukurannya yang terlalu besar atau mungkin bobotnya yang terlalu berat. Hal itu pun menjadi kesulitan bagi seseorang yang hendak bepergian ke tempat yang cukup jauh.

Alasan Meninggalkan Uang Barang
Kesulitan-kesulitan yang diakibatkan oleh uang barang membuat manusia memilih menggunakan emas dan juga perak untuk dipakai sebagai perantara tukar-menukar. Adapun alasannya adalah sebagai berikut.
a. Diterima dan dipercaya oleh umum.
b. Mudah dibawa pergi atau dipindahkan.
c. Jumlahnya terbatas.
d. Tahan lama atau tidak mudah rusak.
e. Mudah disimpan.
f. Nilainya tetap untuk jangka waktu yang panjang.
Manusia pun kemudian membuat uang yeng terbuat dari bahan emas dan perak. Dalam perkembangan selanjutnya, uang logam yang beredar di masyarakat tak lagi terbuat dari emas dan perak. Melainkan terbuat dari perunggu dan aluminium. Hal itu karena nilai emas terlalu tinggi.  Selain uang logam, kita bisa menggunakan uang kertas yaitu uang yang yang terbuat dari kertas.
Alasan manusia mengapa harus memilih perunggu, aluminium, dan juga kertas sebagai bahan pembuat uang adalah karena ketiga benda tersebut harganya lebih murah jika dibandingkan dengan benda lainnya, terutama jika dibandingkan dengan emas dan perak.
Berdasarkan uraian  tahapan asal usul uang, dapat diambil kesimpulan bahwa yang dimaksud dengan uang adalah benda yang mempunyai syarat-syarat tertentu yang bisa digunakan atau diterima oleh masyarakat sebagai perantara dalam melakukan tukar-menukar barang maupun jasa jasa.

Demikian penyajian Materi IPS Kelas 3 SD Tentang Sejarah Uang, yang bersumber dari Buku Bse Depdiknas. Selamat belajar dan semoga sukses!

Artikel Terkait

Mengenal Sejarah Uang, Materi IPS Kelas 3 SD
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email