Jumat, 12 Januari 2018

Kesempatan Kerja, Materi IPS Kelas 3 SD

Dedetaufik.com- Materi IPS Kelas 3 SD Tentang Kesempatan Kerja : Tak dipungkiri, jika setiap orang bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kemauan atau keinginannya. Itu dikarenakan, jumlah tenaga kerja lebih banyak daripada ketersediaan kesempatan kerja.
Setiap waktu, jumlah tenaga kerja mengalami penambahan. Sementara kesempatan kerja cenderung tetap. Sehingga, dampak dari semua itu mengakibatkan jumlah pengangguran dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan.

Kesempatan Kerja, Materi IPS Kelas 3 SD

Bagaimana cara pemerintah mengatasinya?
Upaya pemerintah dalam mengatasi adanya pengangguran adalah dengan cara sebagai berikut.
1. Mendirikan Pabrik atau Daerah Industri
Banyaknya pabrik atau juga daerah industri akan menjadikan lebih banyak tenaga kerja yang diserap.
2. Mendirikan Pusat Tenaga Kerja atau Balai-Balai Latihan Kerja (BLK)
Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan keterampilan tenaga kerja yang sedang dan akan mencari pekerjaan.
3. Meningkatkan Proyek Padat Karya di Daerah Pedesaan
Program tersebut bertujuan untuk mengurangi pengangguran di pedesaan dan juga meningkatkan kesejahteraan penduduk.

Jika seseorang berkeinginan untuk memperoleh kesempatan kerja, maka dia harus mempunyai suatu keterampilan dan juga keahlian. Dimana, keterampilan dan juga keahlian bisa didapat melalui pendidikan, baik pendidikan formal di sekolah maupun juga pendidikan non formal di luar sekolah seperti kursus.
Di daerah perkotaan, biasanya kesempatan kerja lebih banyak diperoleh. Di kota, tak sedikit pekerjaan yang bisa memberikan hasil dengan segera. Pekerjaan di kota, lebih membutuhkan keterampilan khusus dan juga persaingannya lebih ketat daripada di desa. Hasil yang diperoleh memanglah banyak, namun pengeluarannya pun juga besar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau gaya hidup.
Tak sedikit yang beranggapan jika di kota memiliki peluang kerja yang luas, sehingga banyak penduduk desa pun yang datang ke kota untuk mengadu nasib dan juga mencari kesejahteraan di kota.

Sebenarnya, di kota maupun juga di desa, kita bisa menciptakan lapangan kerja sendiri dengan cara berwiraswasta. Asalkan kita sendiri mau bekerja keras dan juga terus belajar. Dengan modal yang tak terlalu besar, kita bisa memperoleh penghasilan sendiri dan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bahkan, tak dimungkiri ketika kita berhasil dalam usaha tersebut kita pun bisa menciptakan lapangan kerja untuk orang lain yang sedang membutuhkan pekerjaan.
Demikian penyajian Materi IPS Kelas 3 SD Tentang Kesempatan Kerja, yang bersumber dari Buku Bse Depdiknas. Selamat belajar dan semoga sukses!

Artikel Terkait

Kesempatan Kerja, Materi IPS Kelas 3 SD
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email