Jumat, 12 Januari 2018

Kegiatan Jual Beli di Pasar, Materi IPS Kelas 3 SD

Dedetaufik.com - Materi IPS Kelas 3 SD Tentang Kegiatan Jual Beli di Pasar : Kegiatan jual beli selain dilakukan di lingkungan rumah, kegiatan jual beli juga dilakukan di pasar. Bahkan, di pasar inilah tempat bertemunya penjual dan pembeli dalam jumlah banyak. Pasalnya, banyak ragam dari barang kebutuhan yang tersedia di pasar.
Di pasar, kita bebas memilih barang yang diinginkan dengan berkeliling untuk mencari barang yang dibutuhkan, dan kita juga bisa membeli dalam jumlah yang banyak maupun juga sedikit.
Pasar terdiri dari dua macam, yaitu pasar tradisional dan juga pasar modern. Dimana, kedua tempat itu memiliki kelebihan maupun juga kekurangannya masing-masing.
Di pasar tradisional, biasanya terjadi tawar-menawar harga antara pembeli dengan penjual. Terkadang, di pasar tradisional juga terjadi transaksi jual beli yang dilakukan melalui makelar ataupun perantara. Misalnya, sepeda motor, mobil, jual beli rumah, maupun jual beli tanah pekarangan. Setelah terjadi kesepakatan harga, maka barang yang dimaksud tersebut pun diberikan dan kemudian dibayar.
Ada juga kegiatan jual beli tanpa adanya tawar-menawar, artinya harga dari barang tersebut sudah mati atau tak bisa ditawar lagi. Misalnya, harga barang-barang yang dijual di supermarket, toko, atau juga pasar swalayan. Di tempat-tempat tersebut, harga barang sudah diberi label harganya sehingga tak bisa ditawar lagi.
Dalam melakukan kegiatn jual beli, hendaknya kita tak hanya memerhatikan harga. Melainkan kita pun harus memerhatikan kualitas dari barang tersebut. Setiap tempat jual beli mempunyai kelebihan dan juga kelemahan.

Berdasarkan jenis-jenis barang yang dijual, pasar tradisional terdiri dari beberapa macam.
1. Pasar Buah
Pasar buah adalah pasar khusus yang menjual berbagai macam buah-buahan. Buah-buahan yang biasa dijual di pasar buah antara lain anggur, jeruk, mangga, semangka, apel, dan melon.

2. Pasar Sayur
Pasar sayur merupakan pasar yang menjual berbagai jenis sayuran. Pasar buah dan pasar sayuran sering disebut pasar induk. Kita bisa memeroleh berbagai macam buah-buahan dan juga sayur-sayuran di pasar induk.

3. Pasar Induk
Pasar induk adalah pasar yang menjual satu jenis barang dalam jumlah besar. Misalnya saja adalah pasar induk sayur yang menyediakan berbagai macam jenis sayuran. Pedagang sayur eceran berbelanja di pasar induk sayuran, kemudian akan menjualnya kepada masyarakat. Contoh dari pasar induk yang lain adalah pasar induk beras. Di pasar induk ini penjualan beras dilakukan dalam jumlah besar. Biasanya pasar induk tidak melayani penjualan eceran.

4. Pasar Ikan
Pasar ikan merupakan pasar yang menjual berbagai jenis ikan. Ada ikan gurame, ikan lele, ikan tengiri, ikan bandeng, ikan tongkol, ikan bawal, dan jenis ikan lainnya. Pada waktu sore hari, nelayan pergi mencari ikan di laut. Pada pagi harinya, mereka baru kembalike daratan. Ikan hasil tangkapannya dibawa ke tempat pelelangan ikan yang terdapat di tepi pantai. Para pedagang ikan tersebut biasanya membeli ikan dari tempat pelelangan ikan, baru kemudian dijual di pasar ikan.

5. Pasar Hewan
Pasar hewan merupakan pasar yang menjual berbagai jenis hewan. Contoh jenis hewan yang dijual di pasar hewan antara lain kambing, sapi, dan kerbau. Ada juga pedagang yang khusus menyediakan hewan reptil, seperti buaya, biawak, ular, dan yang lainnya. Selain itu, ada juga pedagang yang menyediakan binatang peliharaan, seperti burung, kucing, anjing, koala, tupai, dan lainnya.

6. Pasar Loak
Pasar loak adalah pasar yang khusus menjual barang-barang bekas. Pasar loak biasanya terdapat di kota-kota. Berbagai barang bekas yang dijual di pasar loak, misalnya adalah baju, celana, jaket, sepatu, radio, setrika listrik, bahkan televisi danjuga komputer. Juga ada barang antik, seperti lampu hias, dan juga kursi antik, serta barang antik lainnya yang harganya cukup mahal.

Demikian penyajian Materi IPS Kelas 3 SD Tentang Kegiatan Jual Beli di Pasar, yang bersumber dari Buku Bse Depdiknas. Selamat belajar dan semoga sukses!

Artikel Terkait

Kegiatan Jual Beli di Pasar, Materi IPS Kelas 3 SD
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email