Senin, 15 Januari 2018

Kegiatan Jual Beli di Lingkungan Sekolah, Materi IPS Kelas 3 SD

Materi IPS Kelas 3 SD Tentang Kegiatan Jual Beli di Lingkungan Sekolah : Sebelumnya kalian sudah mempelajari Kegiatan Jual Beli di Lingkungan Rumah dan juga Kegiatan Jual Beli di Pasar. Kali ini, kami juga akan menyajikan Materi IPS di Kelas 3 SD Tentang Kegiatan Jual Beli di Lingkungan Sekolah.

Secara umum, kegiatan jual beli di lingkungan sekolah dalam bentuk koperasi sekolah dan juga kantin sekolah. Untuk penjelasannya, silahkan kalian simak berikut ini.

#1. Koperasi Sekolah
Pengertian Koperasi Sekolah
Koperasi sekolah adalah salah satu jenis koperasi yang anggotanya terdiri dari para siswa SD, SMP, SMA, madrasah, pesantren, ataupun sekolah yang setingkat di mana koperasi sekolah didirikan.

Dasar Pendirian Koperasi Sekolah
Koperasi sekolah didirikan berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Koperasi dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 51/M/SKB/ III/1984 dan Nomor : 158/P/1984. Surat keputusan itu menunjukkan bahwa koperasi sekolah merupakan sebuah badan yang cukup penting untuk didirikan sebagai sarana siswa belajar dan bekerja.
Koperasi sekolah diusahakan dan juga diurus oleh para siswa, melalui bimbingan para guru. Dimana, modal koperasi diperoleh dari simpanan anggotanya dan bisa juga berasal dari pinjaman dari sekolah yang bersangkutan. Simpanan para anggota koperasi sekolah berupa simpanan pokok, simpanan wajib, dan simpanan sukarela.

Jenis Usaha Koperasi Sekolah
Karena koperasi sekolah adanya di lingkungan sekolah, maka koperasi tersebut tentunya membuat berbagai jenis usaha yang memiliki hubungannya dengan kegiatan di sekolah. Kegiatan utama di sekolah adalah proses belajar mengajar (PBM) atau Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Dengan begitu, koperasi sekolah meski menyediakan berbagai kebutuhan untuk memperlancar PBM atau KBM tersebut.
Usaha yang bisa dilakukan koperasi sekolah adalah sebagai berikut.
1) Usaha Jasa
Berbagai macam jasa bisa diselenggarakan oleh siswa melalui koperasi sekolah. Contoh usaha jasa adalah berikut ini.
a) Usaha Jasa Fotokopi
Usaha fotokopi adalah jenis usaha jasa yang cocok untuk dilakukan oleh koperasi sekolah. Pasalnya, para siswa maupun juga guru membutuhkannya.

b) Usaha Seragam Sekolah
Penjualan seragam sekolah seperti rok, celana, pakaian olahraga, dasi dan topi, kaos kaki, sabuk, hasduk, dan juga peralatan pramuka.

2) Usaha Pertokoan
Di toko ini disediakan berbagai kebutuhan, seperti alat tulismenulis, buku gambar, alat kebersihan, obat-obatan, dan seragam sekolah. Selain itu, disediakan juga alat-alat praktik menggambar, seperti kuas, cat air, dan palet.

#2. Kantin Sekolah
Kegiatan Jual Beli di Lingkungan Sekolah, Materi IPS Kelas 3 SD

Kantin sekolah adalah warung tempat menjual makanan dan juga minuman yang letaknya berada di lingkungan sekolah. Kantin sekolah ini dikelola oleh pihak sekolah, koperasi sekolah, ataupun oleh pihak lain yang bekerjasama atau sudah memperoleh izin dari pihak sekolah.
Pada waktu istirahat, biasanya para siswa banyak membeli makanan dan juga minuman yang terdapat di kantin sekolah. Kantin sekolah tidak menyediakan barang dagangan yang berupa perlengkapan sekolah. Kantin sekolah haruslah menyediakan makanan dan juga makan yang sehat untuk para siswa. Makanan yang nilai keberihan dan kesehatannya terjaga dengan baik.

Demikian Materi IPS Kelas 3 SD Tentang Kegiatan Jual Beli di Lingkungan Sekolah, yang bersumber dari Buku Bse Depdiknas. Selamat belajar dan semoga sukses!

Artikel Terkait

Kegiatan Jual Beli di Lingkungan Sekolah, Materi IPS Kelas 3 SD
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email