Jumat, 12 Januari 2018

Kegiatan Jual Beli di Lingkungan Rumah, Materi IPS Kelas 3 SD

Dedetaufik.com - Materi IPS Kelas 3 SD Tentang Kegiatan Jual Beli di Lingkungan Rumah : Pastinya kalian pernah diajak berbelanja oleh orang tua kalian ke pasar bukan? Apa yang kalian perhatikan? Di pasar, tentunya banyak para pedagang yang menjual barang dan juga pembeli yang sedang membeli barang.
Kegiatan jual beli di pasar, biasanya diawali dengan saling menawar harga. Selain di pasar, kita juga bisa berbelanja di tempat belanja yang ada di sekitar kita.

1. Kios
Kios adalah rumah kecil tempat berjualan buku, surat kabar, atau yang lainnya. Pada umumnya kios menjual berbagai jenis barang kebutuhan sehari-hari. Kios hampir sama dengan toko. Ada toko yang menjual kebutuhan sehari-hari dan ada toko yang menjual satu jenis barang. Toko yang menjual satu jenis barang disebut toko khusus.

Macam-macam toko khusus sebagai berikut.
a. Toko Obat
Toko obat disebut juga apotek. Berbagai jenis obat tersedia di apotek. Apotek juga merupakan tempat untuk menebus resep dari dokter.

b. Toko Sandang
Toko ini khusus menjual pakaian, baik masih dalam bentuk kain maupun pakaian jadi.

c. Toko Elektronik
Toko ini menjual barang-barang elektronik, seperti radio, televisi, kulkas, dan berbagai macam media player, seperti VCD atau DVD dan barang-barang elektonik lainnya.

d. Toko Mebel
Toko mebel adalah toko yang menjual perabot rumah tangga, seperti meja, kursi lemari, dan tempat tidur.

2. Toko Material
Toko ini menjual bahan dan peralatan-peralatan bangunan, seperti pasir, semen, paku, cat, dan batako.

3. Warung
Warung adalah tempat kegiatan jual beli di mana pedagang dan pembeli melakukan transaksi langsung. Ada berbagai jenis warung di sekitar kita, misalnya warung sayuran dan warung makan. Warung biasanya terletak di dekat tempat tinggal penduduk. Pada umumnya, harga di warung lebih mahal sedikit dibandingkan dengan pasar. Namun, warung biasanya laris karena letaknya di perkampungan penduduk.

4. Pedagang Kaki Lima
Pedagang kaki lima adalah pedagang yang berjualan di pinggir jalan atau trotoar. Contoh pedagang kaki lima, antara lain warung makan, buah, topi, dan rokok. Adakalanya keberadaan pedagang kaki lima mengganggu pengguna jalan. Hal tersebut terjadi karena tempat berdagangnya memakan jalan atau trotoar.

5. Pedagang Keliling
Pedagang keliling adalah pedagang yang berjualan dengan cara berkeliling ke rumah-rumah penduduk. Contoh pedagang keliling, yaitu pedagang sayur, pedagang ikan, dan pedagang buah.

Demikian penyajian Materi IPS Kelas 3 SD Tentang Kegiatan Jual Beli di Lingkungan Rumah, yang bersumber dari Buku Bse Depdiknas. Selamat belajar dan semoga sukses!

Artikel Terkait

Kegiatan Jual Beli di Lingkungan Rumah, Materi IPS Kelas 3 SD
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email