Jumat, 12 Januari 2018

Jenis-Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa, Materi IPS Kelas 3 SD

Dedetaufik.com - Materi IPS Kelas 3 SD Tentang Jenis-Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa : Macam-macam jenis pekerjaan bisa kita temui di lingkungan sekitar kita. Ada pekerjaan dalam bidang jasa maupun juga barang. Namun, yang akan disajikan kali ini adalah berkaitan dengan jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa. Misalnya pekerjaan yang menghasilkan jasa yang seringkali kita jumpai adalah guru, dosen, dokter, TNI, tukang cukur, tukang bengkel dan lainnya.
 Pelajari juga : Jenis-Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Barang

1. Pekerjaan yang Mengandalkan Kemampuan Berpikir
Pekerjaan yang mengandalkan kemampuan berfikir tentunya akan sedikit mengeluarkan tenaga, namun banyak membutuhkan pemikiran, misalnya pengajar, ahli komputer, dan juga tenaga medis.

a. Pengajar
Jenis-Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa, Materi IPS Kelas 3 SD

Termasuk pengajar, antara lain guru dan juga dosen. Guru mengajar di berbagai sekolah dari SD sampai SMA, sedangkan dosen mengajar mahasiswa di perguruan tinggi atau akademi. Ada juga yang mengajar di lembaga kursus, seperti kursus bahasa asing,  kursus komputer, dan kursus menjahit.

b. Ahli Komputer
Saat ini, ahli komputer banyak dibutuhkan karena computer memudahkan pekerjaan dan menghemat waktu. Ahli komputer dapat bekerja sebagai mekanik atau juga bekerja di bidang usaha yang berhubungan dengan komputer.

c. Tenaga Medis
Tenaga medis bekerja di dalam bidang kesehatan. Termasuk tenaga medis, antara lain dokter, bidan, perawat, dan apoteker. Mereka bekerja di rumah sakit, klinik, panti atau rumah bersalin.

2. Pekerjaan yang Mengandalkan Keterampilan
Pekerjaan ini lebih menggunakan keterampilan pada bidang tertentu. Contoh pekerjaan yang mengandalkan keterampilan, antara lain montir, sopir, dan tukang cukur.
a. Montir
Montir adalah orang yang pekerjaannya berhubungan dengan mesin, seperti mesin sepeda motor dan mobil. Tempat kerja montir adalah di bengkel.

b. Sopir
Sopir adalah seseorang yang mengemudikan mobil, bus atau juga truk. Seorang sopir harus mempunyai surat izin mengemudi (SIM).

c. Tukang Cukur
Tukang cukur memerlukan keterampilan khusus memotong rambut.

Demikian penyajian Materi IPS Kelas 3 SD Tentang Jenis-Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa, yang bersumber dari Buku Bse. Selamat dan semoga sukses!

Artikel Terkait

Jenis-Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa, Materi IPS Kelas 3 SD
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email