Jumat, 12 Januari 2018

Jenis-Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Barang, Materi IPS Kelas 3 SD

Materi IPS Kelas 3 SD Tentang Jenis-Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Barang : Selain pekerjaan yang menghasilkan jasa, terdapat juga pekerjaan yang menghasilkan barang.

Jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang adalah sebagai berikut.
1. Beternak
Beternak merupakan suatu kegiatan memelihara dan juga mengembangbiakkan hewan. Adapun hewan yang diternak, antara lain ayam, kambing, sapi, burung, puyuh, dan itik. Peternakan banyak dilakukan di daerah pedesaan. Hasil dari peternakan ini antara lain daging, susu, dan juga telur.

2. Perikanan
Usaha pertambakan adalah sebuah usaha perikanan yang dilaksanakan di dekat pantai dengan menggunakan air laut. Hasil tambak, misalnya adalah ikan, bandeng, dan juga udang. Adapun perikanan darat dengan menggunakan air tawar, misalnya udang galah (lobster), gurame, lele, kakap, dan nila.

3. Pengrajin
Pengrajin adalah orang yang pekerjaannya membuat dan menghasilkan barang kerajinan. Hasil kerajinan, antara lain hiasan dinding, perhiasan, kain tenun, dan batik. Hasil kerajinan dapat digunakan sebagai cinderamata atau souvenir. Ada juga pengrajin kayu, gerabah, rotan, dan lain-lain. Hasil kerajinan sekarang ini sudah berhasil menembus pasaran dunia, misalnya Eropa.

4. Bertani
Jenis-Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Barang, Materi IPS Kelas 3 SD

Bertani merupakan kegiatan bercocok tanam atau mengusahakan tanah. Orang yang pekerjaannya bertani disebut sebagai petani. Indonesia mendapat sebutan sebagai negara agraris karena sebagian besar dari penduduknya bermatapencaharian bertani dan juga bercocok tanam. Lahan pertanian dapat berupa persawahan, perladangan, dan perkebunan. Bertani di sawah banyak dilakukan oleh penduduk yang tinggal di daerah yang banyak air, sedangkan perkebunan dilakukan penduduk di dataran tinggi. Hasil pertanian, antara lain padi, tembakau, dan palawija (jagung, kacang, kedelai). Hasil perkebunan, antara lain teh, cengkih, tebu, bunga, dan lain-lain. Hasil ladang berupa padi, sayur, dan buah-buahan. Sekarang ini banyak orang bertani bunga yang hasilnya lebih baik.

5. Berdagang
Berdagang merupakan suatu kegiatan jual beli barang dagangan untuk memperoleh keuntungan. Orang yang berdagang disebut pedagang. Tempat berdagang, antara lain toko, warung, supermarket, dan juga pasar.

Demikian penyajian Materi IPS Kelas 3 SD Tentang Jenis-Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Barang, yang bersumber dari Buku Bse Depdiknas. Selamat belajar dan semoga sukses!

Artikel Terkait

Jenis-Jenis Pekerjaan yang Menghasilkan Barang, Materi IPS Kelas 3 SD
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email