Minggu, 07 Januari 2018

Gaya di Dalam Air, Materi IPA Kelas 4 SD

Materi IPA Kelas 4 SD Tentang Gaya di Dalam Air : Apakah kalian suka berenang? Ketika sedang berenang, apakah kamu merasa jika badannya ringan? Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan benda mendapat gaya ke atas oleh air.

Adik-adik yang berbahagia, perlu diketahui bahwa besarnya gaya ke atas itu sama dengan jumlah air yang didesak oleh benda yang masuk ke dalam air. Sehingga, hal tersebut menyebabkan badan kita terasa lebih ringan pada waktu kamu berenang.

Tahukah kamu siapa yang menemukan pengaruh gaya ke atas oleh air?
Penemunya adalah Archimedes. Beliau merupakan ilmuwan yang berasal dari Yunani. Archimedes mencetuskan “Hukum Archimedes”.

Bunyi Hukum Archimedes adalah sebagai berikut.
“Sebuah benda yang dicelupkan sebagian atau seluruhnya ke dalam zat cair, akan mendapat gaya ke atas. Gaya ke atas itu besarnya sama dengan berat zat cair yang didesak oleh benda tersebut”.

Berdasarkan Hukum Archimedes, kemudian dikenal istilah benda terapung, melayang, dan tenggelam.
1. Benda terapung
Apabila massa jenis suatu benda lebih kecil daripada massa jenis zat cair, maka benda itu akan mengapung. Atau berat benda w lebih kecil dari gaya angkat Fa ke atas. Contohnya adalah saat Anda memasukkan gabus atau plastik ke dalam air, maka plastik atau gabus tersebut akan mengapung.

2. Benda melayang
Jika massa jenis benda sama dengan massa jenis zat cair tempat ia berada. Atau berat benda w sama dengan gaya angkat Fa ke atas. Contohnya adalah telur ayam akan melayang jika dimasukkan ke dalam air garam karena massa jenis telur ayam sama dengan massa jenis air garam.

3. Benda tenggelam
Jika massa jenis zat cair lebih kecil daripada massa jenis benda, maka benda tersebut akan tenggelam. Dan berat benda w lebih besar dari gaya angkat Fa ke atas. Contohnya adalah jika Anda memasukkan batu, besi, baja kedalam air maka ke-tiga benda tersebut akan tenggelam.

Demikian penyajian Materi IPA Kelas 4 SD Tentang Gaya di Dalam Air, yang bersumber dari Buku Bse Depdiknas dan IlmuSahid . com. Selamat belajar dan semoga sukses!

Artikel Terkait

Gaya di Dalam Air, Materi IPA Kelas 4 SD
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email