Minggu, 07 Januari 2018

Energi Panas, Materi IPA Kelas 4 SD

Materi IPA Kelas 4 SD Tentang Energi Panas : Energi panas tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia dan juga makhluk hidup lainnya. Setiap hari, setiap saat, kita bisa merasakan energy panas dan juga memerlukannya. Dari manakah panas tersebut berasal?

Sumber Energi Panas
Dari manakah kita dapat mendapatkan panas? Cobalah kamu gosok-gosokkan kedua tanganmu dan apa yang dapat kamu rasakan? Pastinya akan terasa hangat, bukan? Apa kesimpulanmu dari kegiatan itu? Ternyata, gaya gesek dapat menimbulkan panas.
Tahukah kamu apa sumber panas yang paling besar di alam ini? Jawabannya adalah matahari. Tanpa matahari, tentunya tak akan ada kehidupan di alam ini. Mengapa demikian?
Karena selain panas, matahari pun juga bisa memancarkan sinarnya. Dimana sinar matahari tersebut sangat penting bagi tumbuhan hijau untuk melakukan proses fotosintesis. Hasil fotosintesis yakni oksigen, diperlukan oleh makhluk hidup untuk bernapas. Karena peranannya begitu penting bagi kehidupan, maka matahari pun juga disebut sebagai sumber energi utama.

Apa kegunaan matahari dalam kehidupan sehari-hari?
Panas matahari di pagi hari diperlukan untuk pertumbuhan tulang. Panas matahari pun juga berguna untuk mengeringkan pakaian, ikan asin, dan juga tanaman pangan.
Selain gesekan dan juga matahari, bisakah kamu menyebutkan sumber panas yang lainnya? Panas bisa berasal dari api unggun, kompor yang sedang menyala, bahkan juga lampu yang berpijar.

Penghantar Panas
Bagaimanakah sifat-sifat panas tersebut? Panas bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Pada saat dua benda saling bersentuhan, panas akan berpindah. Perpindahan panas itu terjadi dari benda yang panas ke benda yang dingin. Penghantaran panas bisa terjadi dengan tiga cara, yakni konduksi, konveksi, dan radiasi.

Energi Panas, Materi IPA Kelas 4 SD

Konduksi adalah perpindahan kalor atau panas melalui suatu zat tanpa disertai perpindahan partikel-partikel zat tersebut. (biasanya zat padat),
Konveksi adalah perpindahan kalor atau panas melalui suatu zat disertai perpindahan partikel-partikel zat tersebut. (biasanya zat cair atau gas)
Radiasi adalah perpindahan panas tanpa melalui suatu peranta zat (secara langsung atau tanpa perantara).

Demikian penyajian Materi IPA Kelas 4 SD Tentang Energi Panas, yang bersumber dari Buku Bse dan NurulHidayah . net. Selamat belajar dan semoga sukses!

Artikel Terkait

Energi Panas, Materi IPA Kelas 4 SD
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email