Selasa, 09 Januari 2018

Energi Bunyi, Materi IPA Kelas 4 SD

Energi Bunyi : Setiap waktu, kita bisa mendengar berbagai macam bunyi di dalam kehidupan sehari-hari. Ada bunyi yang enak didengar, namun juga ada bunyi yang bising. Bunyi yang enak didengar, misalnya saja seperti bunyi alat musik yang dimainkan dengan baik, suara nyanyian yang merdu, bunyi kicauan burung, dan lain-lain. Bunyi yang membuat bising, misalnya seperti suara pesawat yang terbang rendah, suara keributan, suara teriakan, dan lain sebagainya. Apakah penyebab suatu benda bisa mengeluarkan bunyi?
Pelajari juga : Materi IPA Kelas 4 SD Tentang Energi Panas

  • Sumber Bunyi

Apakah sebenarnya penyebab timbulnya suatu bunyi tersebut? Apakah setiap benda bisa menimbulkan bunyi? Coba amati dan kalian pikirkan terlebih dahulu beberapa gambar di bawah ini!

Energi Bunyi, Materi IPA Kelas 4 SD

Apakah kalian ingin tahu lebih jauh tentang bunyi? Mari kita lakukan kegiatan berikut ini!
Alat dan Bahan:
- lonceng dan garpu tala
- bejana berisi air

Langkah-Langkah Kegiatan:
1. Pukullah lonceng hingga berbunyi! Sementara lonceng berbunyi, sentuhlah lonceng itu dengan perlahan-lahan! Apakah yang bisa kamu rasakan?
2. Letakkan jari-jarimu menempel pada tenggorokanmu, dan kamu bernyanyi! Apakah yang bisa kamu rasakan?
3. Ambil dan kemudian getarkanlah garpu tala! Apakah kamu bisa mendengar bunyi? Bisakah kamu melihat ujung garpu tala bergetar? Jika tidak, masukkanlah garpu tala itu ke dalam bejana yang berisi air seketika setelah kamu getarkan! Apakah yang bisa kamu lihat? Pegang dan juga tahan sehingga garpu tala itu berhenti bergetar! Apakah kamu masih mendengar bunyi tersebut?

Ketika lonceng kamu pukul, kamu pun akan mendengar bunyi. Demikian pula ketika kamu getarkan garpu tala. Sebaliknya, ketika lonceng dan juga garpu tala berhenti bergetar, maka kamu tak lagi mendengar bunyi tersebut. Ketika kamu berbicara atau juga bernyanyi, kamu juga mendapatkan bahwa tenggorokanmu bergetar.
Jadi, kita dapat menyimpulkan bahwa bunyi ditimbulkan oleh benda yang bergetar.

  • Bunyi Dapat Merambat dan Dipantulkan

Untuk dapat membuktikan bahwa bunyi merambat, lakukanlah kegiatan berikut ini!
Alat dan Bahan:
- Dua buah kotak korek api
- Seutas tali sepanjang 5 m
- Batang korek api

Langkah-Langkah Kegiatan:
1. Lubangi kotak korek api pada bagian tengahnya!
2. Masukkan batang korek api dan juga ikatkan tali pada batang korek api! (Perhatikan gambar).

Energi Bunyi, Materi IPA Kelas 4 SD

3. Rentangkan tali dan kamu berbicara kepada temanmu di seberang!
4. Apakah kamu bisa mendengar suara temanmu?

Dari kegiatan tersebut di atas, kamu mendapatkan jika bunyi bisa merambat melalui seutas tali. Tali merupakan benda padat. Jadi, bunyi dapat merambat melalui benda padat.
Apakah bunyi dapat merambat melalui benda cair dan gas? Ya, bunyi dapat merambat melalui benda cair dan gas.
Ketika suatu benda bergetar, udara di sekelilingnya juga ikut bergetar. Hal ini menunjukkan bahwa benda gas yakni udara berperan dalam perambatan bunyi.

Sekarang, mari kita selidiki perambatan bunyi melalui benda cair.
Alat dan Bahan:
- Satu buah ember berisi air
- Batu

Langkah-Langkah Kegiatan:
1. Masukkan satu buah batu ke dalam ember!
2. Perhatikan apa yang terjadi!
3. Apakah kamu dapat mendengar bunyi batu dijatuhkan?

Bunyi bisa merambat melalui benda cair. Pada waktu kamu jatuhkan batu ke air, akan terlihat gelombang-gelombang, bukan? Kamu juga masih dapat mendengar suara bunyi batu yang jatuh ke dalam air, bukan?
Dari serangkaian kegiatan di atas, dapat disimpulkan bahwa bunyi dapat merambat melalui benda padat, cair, dan gas.

Kecepatan perambatan bunyi melalui berbagai jenis benda, tidak sama. Berdasarkan penelitian para ahli, bunyi merambat lebih cepat melalui benda padat, dibandingkan benda cair dan juga gas.

Apakah bunyi dapat merambat di ruang hampa udara?
Bunyi tak bisa merambat di ruang hampa udara. Hal itu dikarenakan tak ada udara sebagai medium untuk merambatnya bunyi. Bunyi bisa dipantulkan dan juga diserap. Bunyi yang memantul akan terdengar lebih keras.

Pernahkah kamu berbicara di dalam kamar kosong yang tertutup?
Bunyi yang kamu keluarkan akan mengenai dinding-dinding kamar. Bunyi itu pun dipantulkan sehingga suara yang terdengar menjadi lebih kuat. Bunyi yang diserap akan terdengar lebih lirih.

Pernahkah kalian masuk ke dalam studio musik? Perhatikan dinding dan lantainya! Mengapa dinding dan lantainya dialasi dengan karpet? Apakah fungsi karpet itu?
Karpet yang dipasang di studio musik memiliki fungsi sebagai peredam bunyi, sehingga bunyi yang ditimbulkan tidak gaduh.

Demikian penyajian pengetahuan Materi IPA Kelas 4 SD Tentang Energi Bunyi, yang bersumber dari Buku Bse Depdiknas. Selamat belajar dan semoga kalian menjadi orang sukses! Amin…

Artikel Terkait

Energi Bunyi, Materi IPA Kelas 4 SD
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email