Minggu, 24 Desember 2017

Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Pecahan Campuran Dilengkapi Contoh Soal Matematika Kelas 6 SD

Cara Mengubah Pecahan Biasa menjadi Pecahan Campuran Lengkap dengan Contoh Soal Matematika Kelas 6 SD : Masih ingatkan adik-adik dengan pecahan biasa dan pecahan campuran? Materi tersebut sudah diajarkan di kelas sebelumnya. Pecahan biasa adalah pecahan yang hanya terdiri dari pembilang dan penyebut. Sementara pecahan campuran terdiri dari bilangan bulat, pembilang, dan penyebut.

Contoh pecahan biasa = ½ , ¾
Contoh pecahan campuran = 2 ½ , 1 ¾

Pada kesempatan kali ini, kami akan coba menyajikan pengetahuan atau pembelajaran tentang bagaimana Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Pecahan Campuran. Harapannya, adik-adik bisa lebih memahaminya. Sehingga, apabila adik-adik disuruh untuk mengubah pecahan biasa ke pecahan campuran. Adik-adik bisa langsung mengerjakannya tanpa bingung lagi.
Sebelum kita melanjutkan ke pembelajaran Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Pecahan Campuran. Ada hal yang perlu adik-adik ketahui, bahwa tidak semua pecahan biasa bisa diubah menjadi pecahan campuran. Tetapi ada syarat yang harus diperhatikan yakni pada pecahan biasa, pembilang harus lebih besar dari penyebut. Jika tidak, atau katakanlah pembilangnya lebih kecil. Maka pecahan biasa itu tidak bisa diubah menjadi pecahan campuran. Contoh misalnya : ½ , ½ tidak bisa diubah menjadi pecahan campuran karena pembilangnya (1) lebih kecil dari penyebut (2).
Oke, setelah adik-adik mengetahui syaratnya. Yu sekarang kita lanjutkan pada bahasan ini yakni Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Pecahan Campuran.

Contoh soal :
1. 7/3 diubah ke pecahan campuran menjadi …
Pembahasan :
Cara untuk mengubah pecahan biasa yakni 7/3 menjadi pecahan campuran adalah sebagai berikut.
Langkah 1 : bagi 7 dengan 3, ambil bilangan yang mendekati. 7 : 3, yang mendekati adalah 2 (sebagai bilangan bulat pada pecahan campuran).
Langkah 2 : dari hasil bagi 7 dan 3 yang mendekati adalah 2, selanjutnya kalikan dengan penyebutnya (3). 2 x 3 = 6, kemudin 6 menjadi 7 kurang berapa? Kurangnya adalah 1 (sebagai pembilang di pecahan campuran).
Langkah 3 : penyebutnya tetap sama yakni 3.
Sehingga, 7/3 diubah menjadi pecahan campuran adalah 2 1/3 (dua satu pertiga).

2. 5/4 diubah ke pecahan campuran menjadi …
Pembahasan :
5 : 4 = yang mendekati adalah 1 (bilangan bulat)
1 x 4 = 4, menjadi 5 kurang 1 (pembilang)
Penyebutnya tetap 4
Sehingga, 5/4 diubah menjadi pecahan campuran adalah 1 ¼ .

Setelah adik-adik memahami bagaimana cara mengubah pecahan biasa ke pecahan campuran. Sekarang, silahkan adik-adik kerjakan beberapa soal di bawah ini!

Kerjakan soal di bawah ini dengan benar!
1. 9/5 diubah ke pecahan campuran menjadi …
Jawab : ………………………….

2. 25/6 diubah ke pecahan campuran menjadi …
Jawab : ………………………….

3. 45/8 diubah ke pecahan campuran menjadi …
Jawab : ………………………….



4. 125/20 diubah ke pecahan campuran menjadi …
Jawab : ………………………….



5. 250/150 diubah ke pecahan campuran menjadi …
Jawab : ………………………….

Demikian pembelajaran kali ini tentang bagaiamana Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Pecahan Campuran Dilengkapi Contoh Soal Matematika Kelas 6 SD. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Cara Mengubah Pecahan Biasa ke Pecahan Campuran Dilengkapi Contoh Soal Matematika Kelas 6 SD
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email