Minggu, 22 Oktober 2017

Materi IPA 6 SD : Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia dari Bayi Hingga Lansia

Materi IPA Kelas 6 SD tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia : Apakah kamu mempunyai seorang adik? Jika punya, cobalah kamu perhatikan adikmu, kemudian kamu perhatikan juga dirimu sendiri dan juga orangtuamu. Apakah kamu dapat melihat perbedaan antara adikmu, kamu, dan juga orangtua kamu? Perbedaan yang dapat kamu lihat secara mencolok adalah tinggi badan. Tinggi badanmu biasanya akan lebih tinggi ketimbang dengan tinggi badan adikmu. Sementara tinggi badan orangtuamu akan lebih tinggi daripada dirimu. Selain itu juga bentuk tubuhmu pun memiliki perbedaan dengan orangtuamu.
Perubahan tinggi dan jug bentuk badan terjadi karena tubuh manusia mengalami  pertumbuhan  dan  perkembangan. Pertumbuhan dan perkembangan manusia sejak bayi dalam rahim ibu hingga lansia (lanjut usia) melalui beberapa tahapan berikut ini.
1. Masa fetus yaitu suatu masa sejak terbentuk zigot sampai bayi dalam rahim ibu.
2. Masa balita yaitu sejak bayi lahir sampai anak-anak yang berusia 5 tahun.
3. Masa anak-anak sekitar umur 5 tahun hingga 10 tahun.
4. Masa remaja sekitar umur 10 tahun hingga 17 tahun.
5. Masa dewasa sekitar umur 17 tahun sampai 20 tahun ke atas.
6. Masa tua sekitar umur 50 tahun ke atas.

Apakah kamu memiliki seorang adik yang masih bayi? Pada waktu bayi lahir, kamu akan mendengar tangisan permulaan bayi. Secara perlahan-lahan, bayi pun akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Misalnya, bayi mulai memiliki kemampuan mengisap, menelan, merentangkan tangan, dan juga memegang. Tahap perkembangan berikutnya seperti tengkurap, duduk, berbicara, dan berjalan.
Proses tersebut pastinya membutuhkan waktu yang tak sebentar, yakni waktu yang berbulan-bulan hingga umur 2 tahun. Peristiwa itupun terjadi disertai dengan pertambahan tinggi badan dan juga berat badan, serta perubahan bentuk tubuh.
Apakah kamu baru saja mengukur tinggi badanmu? Berapa tinggi badanmu yang sekarang? Apakah tinggi badan kamu bertambah terus atau tidak? Mengapa hal itu terjadi demikian? Tubuh seseorang berubah dengan cepat pada masa anak-anak dan remaja. Selanjutnya proses pertumbuhan dan perkembangan akan terus berlangsung hingga masa remaja dan dewasa.
Proses yang selanjutnya adalah proses penuaan. Kulit tubuh seorang anak tampak kencang dan licin, tetapi jika orang itu sudah tua, otot-ototnya menjadi lemah dan kulitnya menjadi keriput.

Perubahan Fisik Manusia pada Masa Pubertas
Materi IPA 6 SD : Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia dari Bayi Hingga Lansia

Berapa usia kamu sekarang? Apakah kamu termasuk anak-anak atau remaja? Setelah masa bayi, manusia akan masuk pada tahapan anak-anak, remaja, dewasa, dan tua. Anak-anak pun akan berkembang menjadi dewasa. Masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa tersebut dikenal sebagai masa remaja atau masa pubertas.
Tanda-tanda masa remaja pada seorang laki-laki, antara lain bahu membidang, tumbuhnya jakun, kumis, dan jambang serta tumbuhnya rambut di ketiak dan betis.
Sementara itu, tanda-tanda pubertas pada perempuan, antara lain pinggul melebar, payudara membesar, dan tumbuhnya rambut di ketiak. Anak-anak gadis tumbuh hampir sempurna pada usia 16 ½ tahun. Meskipun bisa terus tumbuh sedikit hingga umur 20 atau juga 21 tahun. Untuk
anak laki-laki, tumbuh hampir sempurna pada usia 17 ½ tahun dan 23 ataupun 25 tahun.
Dengan adanya perubahan fisik itu, kamu harus menjaga kesehatan, antara lain dengan menjaga kebersihan organ perkembangbiakan (organ reproduksi). Untuk menjaganya, sebaiknya kamu mandi dua kali sehari. Pada waktu kamu mandi, kamu harus membersihkan semua bagian tubuh
Kamu sehingga kebersihan organ perkembangbiakan kamu pun akan terjaga dengan baik. Begitu pula apabila kamu buang air kecil. Selain itu juga, pakaian dalam yang kamu gunakan harus
Bisa menyerap keringat dan juga tetap dalam keadaan bersih. Oleh karena itu, pakaian dalam kita harus seringkali diganti setiap kamu mandi.

Perkembangbiakan Manusia
Apakah kamu baru saja melihat dan memerhatikan seorang ibu yang sedang hamil? Apa yang terjadi di dalam perut seorang ibu tersebut? Tahukah kamu, berapa bulan biasanya seorang ibu hamil? Manusia berkembang biak melalui melahirkan. Hal ini terjadi, karena sel telur dibuahi oleh sperma di dalam rahim ibu. Artinya, terjadi pembuahan di dalam tubuh ibu. Jika sel telur dibuahi oleh  sperma, maka akan terbentuk zigot. Kemudian akan berkembang menjadi embrio (janin). Janin dalam rahim akan mengalami pertumbuhan dan juga perkembangan selama ±9 bulan, sehingga terbentuk individu yang lengkap.
Perhatikan gambar tahapan dan juga perkembangan janin dalam rahim ibu berikut ini. Apa ciri khas pada setiap tahapan pertumbuhan dan juga perkembangan tersebut?
Materi IPA 6 SD : Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia dari Bayi Hingga Lansia
Tahapan pertumbuhan dan perkembangan janin dalam rahim ibu


Selama dalam rahim, janin mendapatkan makanan dari tubuh ibu melalui tali pusat (plasenta).
Demikianlah pengetahuan yang bisa disajikan tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia dari Bayi Hingga Lansia sebagai Materi IPA Kelas 6 SD, yang bersumber dari Buku Bse Ilmu Pengetahuan Alam SD dan MI Kelas VI. Selamat belajar dan semoga sukses!

Artikel Terkait

Materi IPA 6 SD : Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia dari Bayi Hingga Lansia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email