Minggu, 22 Oktober 2017

Materi IPA 6 SD : Perkembangbiakan Tumbuhan

Materi IPA 6 SD tentang Perkembangbiakan Tumbuhan : Pernahkah kamu menanam tumbuhan? Bagian apakah dari tumbuhan yang kamu tanam tersebut? Bagian tumbuhan yang ditanam untuk mendapatkan tumbuhan baru tersebut disebut dengan alat perkembangbiakan. Perkembangbiakan tumbuhan dapat melalui biji, tunas, cangkok, dan stek.
Perkembangbiakan pada tumbuhan ada dua yakni secara vegetatif dan generatif. Perkembangbiakan vegetatif adalah Perkembangbiakan dengan bagian tubuh tumbuhan atau tanpa melalui perkawinan. Sementara perkembangbiakan dengan cara generatif adalah  Perkembangbiakan dengan biji.

Perkembangbiakan Secara Vegetatif
Bagian tubuh induk dari tumbuhan yang dijadikan untuk tumbuhan baru tersebut disebut sebagai alat perkembangbiakan vegetatif. Memperbanyak tumbuhan melalui alat perkembangbiakan vegetatiff disebut  dengan pembiakan vegetatif. Ada dua jenis pembiakan vegetative, yakni pembiakan vegetatif alami dan pembiakan vegetatif buatan.
a. Pembiakan Vegetatif Alami
Pembiakan vegetatif yang dilakukan tanpa bantuan manusia disebut dengan pembiakan vegetatif secara alami. Alat pembiakannya tumbuh dengan sendirinya dari tumbuhan melalui tunas, umbi, spora, dan rhizoma.
1) Tunas
Apakah kamu pernah memerhatikan tanaman cocor bebek? Pada tepi dan juga ujung daunnya yang telah tua tersebut terdapat tunas. Jika ditanam, maka tunas tersebut akan tumbuh menjadi tanaman yang baru. Tunas itu disebut sebagai tunas adventif. Tanaman lain yang juga berkembang biak dengancara  tunas adalah pisang, cemara, bambu, sukun, dan tebu. Pada tanaman ini tunas adventif ini tumbuh pada akar.
 
Materi IPA 6 SD : Perkembangbiakan Tumbuhan
Tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas

2) Spora
Jenis tanaman seperti paku-pakuan seringkali ditanam seseorang sebagai tanaman hias, contohnya adalah suplir. Pada bagian bawah daunnya ada titik-titik yang berwarna cokelat yang disebut dengan spora. Spora  berfungsi sebagai alat untuk perkembangbiakan. Jika spora tersebut jatuh ke tanah, maka akan tumbuh menjadi tanaman yang baru.
 
Tumbuhan yang berkembang biak dengan spora
Tumbuhan yang berkembang biak dengan spora

3) Umbi
Umbi ada yang berupa umbi batang, umbi akar, dan juga umbi lapis. Apabila tanaman yang berkembang biak dengan umbi ini ditanam, maka dari umbi akan keluar akar dan tunas sehingga tumbuh menjadi tanaman yang baru. Umbi yang ditanam menjadi sumber makanan bagi per-
tumbuhan tanaman sebelum mengisap makanan sendiri dari tanah.
Contoh tanaman yang berkembang biak dengan umbi adalah sebagai berikut.
Umbi batang : kentang
Umbi lapis : bawang merah, bawang putih.
Umbi akar : wortel, umbi jalar.
Tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi
Tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi

4) Rhizoma
Coba kamu perhatikan tanaman kencur, lengkuas, dan juga kunyit yang terdapat di sekitarmu. Kamu pastinya akan menemukan ruas-ruas batang. Apabila ruas-ruas tersebut ditanam maka akan tumbuh menjadi tanaman yang baru. Tumbuhan itu berkembang biak dengan cara rhizoma. Rhizoma disebut juga sebagai akar tinggal atau akar tongkat. Rhizoma sebenarnya itu adalah batang yang tumbuh di dalam tanah.
Tumbuhan yang berkembang biak dengan Rhizoma


b. Pembiakan Vegetatif Buatan
Pembiakan tumbuhan dengan melakukan stek, cangkok, dan juga mengenten sengaja dilakukan manusia. Oleh karena itu, pembiakan demikian disebut sebagai pembiakan vegetatif buatan.
1) Stek
Stek yaitu pembiakan dengan cara menanam bagian dari tanaman, misalnya seperti batang. Contoh pembiakan dengan stek, misalnya pada ketela pohon dan tebu. Keuntungan pembiakan dengan cara stek ini adalah mempercepat tanaman menjadi banyak,

2) Mencangkok
Jenis tumbuhan yang bisa dikembangbiakkan dengan cangkok adalah jenis tumbuhan yang batangnya berkayu atau juga berbiji belah. Contohnya adalah jambu, jeruk, dan mangga. Keuntungan pembiakan secara cangkok adalah tanaman yang baru akan cepat besar dan berbuah, serta memiliki sifat induknya.

Berkembang Biak dengan Cara Generatif
Beberapa tumbuhan berkembang biak dengan menggunakan biji. Biji terbentuk dari hasil penyerbukan dan juga pembuahan. Penyerbukan dan juga pembuahan terjadi pada tanaman yang memiliki bunga. Perkembangbiakan seperti ini dinamakan sebagai perkembangbiakan generatif. Masih ingatkah kamu bagian-bagian bunga dan biji?  Coba kamu perhatikan gambar bagian-bagian bunga berikut ini.
 
Bagian-bagian Bunga
Bagian-bagian Bunga

a. Penyerbukan dan Pembuahan
Bagian bunga yang menjadi alat untuk berkembang biak adalah benang sari dan juga putik.  Benang sari adalah alat kelamin jantan, sementara putik adalah alat kelamin betina. Penyerbukan terjadi apabila serbuk sari jatuh pada kepala putik. Selanjutnya,  akan terjadi pembuahan dalam bakal buah.
 
Materi IPA 6 SD : Perkembangbiakan Tumbuhan
Penyerbukan oleh serangga
Pembuahan adalah bersatunya sel kelamin jantan dan sel kelamin betina untuk membentuk individu yang baru. Setelah terjadi pembuahan, maka akan menjadi buah yang di dalamnya mengandung biji. Pada biji tersebut terdapat bakal calon tumbuhan baru. Apabila biji telah masak, maka bisa ditanam dan juga akan tumbuh menjadi tanaman yang baru. Biji merupakan hasil penyerbukan dan juga pembuahan, serta menjadi alat untuk berkembang biak.

b. Faktor Pembantu Penyerbukan
Apakah kamu pernah melihat lebah yang hinggap pada bunga? Lebah bisa membantu penyerbukan. Penyerbukan akan terjadi setelah bunga itu masak. Penyerbukan bisa dibantu oleh angin, hewan, dan manusia. Hewan lain yang bisa membantu penyerbukan, misalnya kupu-kupu dan burung.

c. Macam-Macam Penyerbukan
Banyak sekali jenis tumbuhan, sehingga penyerbukannya juga bermacam-macam. Penyerbukan di bedakan menjadi 3 jenis yakni sebgai berikut.
Jenis Penyerbukan
Jenis Penyerbukan

1. Penyerbukan sendiri, yaitu serbuk sari yang jatuh ke kepala putik berasal dari bunga sendiri.
2. Penyerbukan silang, yaitu serbuk sari berasal dari tumbuhan lain, tetapi yang sejenis.
3. Penyerbukan buatan, artinya manusia dengan sengaja menyerbukkan.

Demikianlah penyajian pengetahuan Materi IPA 6 SD tentang Perkembangbiakan Tumbuhan, yang bersumber dari Buku Bse Ilmu Pengetahuan Alam SD dan MI Kelas VI. Selamat belajar dan semoga sukses!

Artikel Terkait

Materi IPA 6 SD : Perkembangbiakan Tumbuhan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email