Senin, 23 Oktober 2017

Materi IPA 6 SD : Pentingnya Pelestarian Makhluk Hidup

Materi IPA 6 SD tentang Pentingnya Pelestarian Makhluk Hidup : Pada artikel sebelumnya pernah disajikan pengetahuan tentang beberapa jenis hewan dan tumbuhan yang hampir punah. Bagaimana cara untuk menjaga kelestarian tumbuhan dan hewan langka tersebut? Sangat penting bagi kita untuk menjaga kelestarian makhluk hidup. Hal itu karena hewan maupun juga tumbuhan memiliki manfaat yang besar untuk kelangsungan generasi sekarang dan juga generasi yang akan datang.
Coba kamu bayangkan sejenak apabila suatu jenis hewan maupun tumbuhan langka mengalami kepunahan, apa yang akan terjadi?
Beberapa usaha dalam melestarikan hewan dan tumbuhan langka telah dilakukan pemerintah yakni dengan cara mengembangbiakkan hewan maupun juga tumbuhan langka tersebut di tempat-tempat penangkaran, membuat undang-undang tentang perburuan dan juga undang-undang penebangan pohon, serta upaya yang lainnya.
Upaya pemerintah dalam menjaga kelestarian hewan dan juga tumbuhan langka yaitu dengan mengadakan perlindungan hutan. Perlindungan hutan antara lain dengan melakukan pengamanan hutan, pengamanan tumbuhan, dan juga hewan liar.
Perlindungan hutan ini merupakan usaha untuk:
a. mencegah dan juga membatasi kerusakan hutan, yang disebabkan perbuatan manusia;
b. mempertahankan dan juga menjaga hak-hak negara, masyarakat, dan juga perseorangan atas hutan, kawasan hutan, hasil hutan, serta bagian-bagian yang berkaitn dengan pengelolaan hutan.

Untuk melaksanakan upaya dalam perlindungan hutan itu, maka dibangunlah sebuah kawasan hutan konservasi. Hutan konservasi merupakan kawasan hutan dengan ciri khas tertentu yang memiliki fungsi pokok sebagai tempat pengawetan keanekaragamn tumbuhan dan juga hewan serta ekosistemnya.
Hutan konservasi ini terdiri atas kawasan hutan suaka alam dan juga kawasan hutan pelestarian  alam.

Hutan Suaka Alam
Hutan Suaka Alam merupakan hutan yang memiliki fungsi sebagai pengawetan keanekaragaman tumbuhan danjuga hewan serta ekosistemnya, dan sebagai wilayah penyangga kehidupan. Penyangga kehidupan, artinya harus mampu memenuhi kebutuhan dari makhluk yang hidup di dalamnya. Kawasan suaka alam tersebut dibagi menjadi dua wilayah, yakni:
a. Cagar Alam
cagar alam memiliki ciri berupa tumbuhan, hewan, dan juga ekosistem tertentu yang meski harus dilindungi untuk kepentingan ilmu pengetahuan maupun juga kebudayaan, yang berlangsung secara alami.
Materi IPA 6 SD : Pentingnya Pelestarian Makhluk Hidup
Tabel Cagar alam yang ada di di Indonesia
b. Suaka Margasatwa
Suaka Margasatwa memiliki ciri khas berupa keragaman dan atau keunikan jenis hewan bagi ilmu pengetahuan maupun juga kebudayaan. Untuk kelangsungan hidupnya, dilakukanlah pembinaan terhadap habitatnya.
Materi IPA 6 SD : Pentingnya Pelestarian Makhluk Hidup
Tabel Suaka Margasatwa di Indonesia

Hutan Pelestarian Alam
Hutan Pelestarian Alam merupakan hutan dengan ciri khas tertentu, fungsi utamanya untuk perlindungan dalam sistem penyangga kehidupan, pengawetan keanekaragaman jenis tumbuhan dan juga hewan, serta pemanfaatan secara lestari sumber daya alam hayati maupun juga ekosistemnya.
Hutan jenis ini terbagi atas tiga wilayah, yakni Taman Nasional, Taman Hutan Raya, dan Taman Wisata Alam.
a. Taman Nasional
Taman Nasional adalah kawasan dimana pelestarian alam yang dikelola dengan sistem wilayah. Sistem wilayah ini terdiri atas wilayah inti dan wilayah lain yang dimanfaatkan untuk tujuan ilmu pengetahuan, pariwisata, rekreasi, dan juga pendidikan. Contoh taman nasional adalah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango di Pulau Jawa dan Taman Nasional Kerinci Seblat di Sumatra.
Materi IPA 6 SD : Pentingnya Pelestarian Makhluk Hidup
Taman nasional Gunung Gede Pangrango dan Kerinci Seblat

Materi IPA 6 SD : Pentingnya Pelestarian Makhluk Hidup
Tabel Beberapa contoh Taman Nasional
b. Taman Hutan Raya
Taman Hutan Raya adalah kawasan pelestarian alam, terutama dimanfaatkan untuk koleksi tumbuhan atau hewan, baik secara alami atau buatan, jenis asli atau bukan asli. Taman hutannya dibuat untuk tujuan ilmu pengetahuan, pendidikan dan pelatihan, budaya, pariwisata, dan rekreasi. Contoh taman hutan raya, yaitu Kebun Raya Bogor di Jawa Barat.

c. Taman Wisata Alam
Taman Wisata Alam adalah hutan wisata yang mempunyai keindahan alam, baik keindahan tumbuhan, hewan, maupun keindahan alam yang mempunyai corak khas untuk dimanfaatkan bagi kepentingan rekreasi dan kebudayaan. Contoh taman wisata alam, antara lain Danau Towuti,  Pulau Kembang di Kalimantan, Danau Matano dan Mahalono di Sulawesi, Danau Lebu, dan Pulau Menipo di Nusa Tenggara.
Pemerintah juga telah menetapkan taman laut, sebagai wilayah lautan yang mempunyai ciri khas berupa keindahan dan keunikan. Taman laut khusus digunakan sbagai kawasan laut untuk dibina dan juga dipelihara guna perlindungan ekosistem laut, pariwisata, rekreasi, pendidikan, dan kebudayaan. Contohnya misalny adalah Taman Wisata Laut di Sulawesi, Taman Nasional Laut Bunaken, Taman Wisata Laut Teluk Kupang, dan Taman Wisata Laut Teluk Maumere di Nusa Tenggara.
Seperti kamu ketahui bahwa makhluk hidup terdiri atas manusia, hewan, dan juga tumbuhan. Semua kebutuhan hidup manusia berasal dari hewan maupun tumbuhan. Begitu pula hewan membutuhkan tumbuhan dan hewan itu sendiri, juga tumbuhan membutuhkan hewan dan tumbuhan itu sendiri. Oleh karena itu, kelestarian makhluk hidup harus selalu kita jaga dengan sebaik-baiknya.

Demikian penyajian Materi IPA Kelas 6 SD tentang Pentingnya Pelestarian Makhluk Hidup, yang bersumber dari Buku Bse Ilmu Pengetahuan Alam SD dan MI Kelas VI. Selamat belajar dan semoga sukses!

Artikel Terkait

Materi IPA 6 SD : Pentingnya Pelestarian Makhluk Hidup
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email