Minggu, 22 Oktober 2017

Materi IPA 6 SD : Pemanfaatan Hewan dan Tumbuhan oleh Manusia

Materi IPA 6 SD tentang Pemanfaatan Hewan dan Tumbuhan oleh Manusia : Manusia banyak sekali yang memanfaatkan hewan dan tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pemanfaatan terhadap hewan dan tumbuhan harus dilakukan secara wajar dan sesuai dengan aturan. Karena apabila dilakukan secara liar, akan merusak terhadap eksosistem yang ada.

Pemanfaatan Hewan
Coba kamu perhatikan alat-alat keperluan sehari-hari atau juga hiasan-hiasan, apakah barang-barang tersebut ada yang bahannya berasal dari hewan?
Perburuan liar yang dilakukan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab karena secara sengaja untuk membunuh hewan-hewan itu guna dimanfaatkan bagian-bagian tubuhnya. Misalnya, perburuan terhadap gajah untuk diambil gadingnya atau juga hewan macan tutul untuk diambil kulitnya.
 
Materi IPA 6 SD : Pemanfaatan Hewan dan Tumbuhan oleh Manusia
Contoh Hiasan Gading Gajah
Gading gajah digunakan untuk beberapa jenis hiasan. Buaya dan juga ular diburu untuk diambil kulitnya yang akan dgunakan sebagai bahan tas atau sepatu. Badak Jawa juga diburu untuk diambil culanya, karena dianggap berkhasiat menyembuhkan penyakit.
Hewan tersebut semuanya adalah termasuk hewan langka. Jadi, apabila terus-menerus diburu, maka lama-kelamaan hewan tersebut akan musnah. Dengan begitu, penggunaan bagian-bagian  tubuh hewan-hewan langka itu dilarang keras oleh pemerintah.
Bagaimana cara yang harus dilakukan untuk melestarikan hewan-hewan langka tersebut? Usaha-usaha yang harus kita lakukan guna melestarikan hewan-hewan langka itu adalah sebagai berikut:
1. Tidak boleh berburu hewan sembarangan.
2. Hewan-hewan langka harus dilindungi  dari perburuan liar.
3. Hewan langka dibudidayakan.
4. Untuk mengurangi perburuan gajah, dibuat gading tiruan.

Pemanfaatan Tumbuhan
Selain memanfaatkan hewan, manusia pun juga banyak memanfaatkan tumbuhan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Tumbuhan apa saja yang seringkali dimanfaatkan oleh manusia?
Bagian tumbuhan di hutan yang banyak digunakan oleh manusia adalah kayunya. Kayu jati biasa digunakan untuk bahan bangunan rumah, kursi, tempat tidur, dan juga lemari. Kayu meranti, kamper, dan mahoni umumnya digunakan oleh manusia untuk bahan bangunan rumah atau gedung.
 
Materi IPA 6 SD : Pemanfaatan Hewan dan Tumbuhan oleh Manusia
Contoh Pemanfaatan Kayu
Tumbuhan bisa digunakan kayunya setelah tumbuhan itu tumbuh selama puluhan tahun. Misalnya saja kayu jati usianya hingga puluhan tahun. Jadi, apabila kamu menanam jati sekarang, kamu baru bisa menggunakannya pada 20 tahun kemudian. Sementara itu kebutuhan manusia terus saja mengalami peningkatan, apalagi dengan pertumbuhan penduduk juga yang semakin banyak. Apa yang harus dilakukan untuk mencegah punahnya tanaman-tanaman yang langka tersebut? Tanaman langka yang seringkali digunakan oleh manusia harus dilestarikan.
Cara melestarikan tumbuhan langka adalah sebagai berikut.
1. Tidak menebang pohon sembarangan.
2. Penanaman kembali tanaman yang telah dimanfaatkan atau peremajaan tanaman.
3. Pemeliharan tanaman dengan benar.
Selain kayu, bagian-bagian dari tumbuhan lainnya juga banyak yang dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Misalnya saja pohon tebu diambil batangnya untuk diolah menjadi gula pasir, atau juga pohon karet yang diambil getahnya untuk diolah menjadi bahan dasar pembuatan barang-barang dari karet.

Demikian penyajian Materi IPA Kelas 6 SD tentang Pemanfaatan Hewan dan Tumbuhan oleh Manusia, yang bersumber dari Buku Bse Ilmu Pengetahuan Alam SD dan MI Kelas VI. Selamat belajar dan semoga sukses!

Artikel Terkait

Materi IPA 6 SD : Pemanfaatan Hewan dan Tumbuhan oleh Manusia
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email