Minggu, 22 Oktober 2017

Materi IPA 6 SD : Kegiatan Manusia yang Memengaruhi Ekosistem atau Keseimbangan Alam

Materi IPA 6 SD tentang Kegiatan Manusia yang Memengaruhi Ekosistem atau Keseimbangan Alam : Indonesia mempunyai kekayaan alam yang banyak, baik dari daratan maupun juga lautan. Contoh kekayaan alam yang berasal dari daratan adalah hutan, sawah, lading. Sementara kekayan dari perairan misalnya adalah kolam, sungai, daratan, dan lautan.
Semua kebutuhan manusia, hewan, maupun juga tumbuhan berasal dari kekayaan alam. Oleh karena itu, tak ada makhluk hidup yang bisa hidup sendiri. Antara tumbuhan dan juga hewan yang hidup di hutan terjadi hubungan saling ketergantungan membentuk sebuah ekosistem. Manusia memanfaatkan hasil hutan, misalnya saja kayu dan rotan. Apakah kegiatan manusia tersebut akan mempengaruhi ekosistem?
Ekosistem bisa terganggu keseimbangannya oleh beberapa kegiatan yang dilakukan manusia, seperti penebangan hutan secara liar, perburuan, dan juga penggunaan bahan kimia yang tak sesuai dengan aturan.
Penebangan hutan dilakukan manusia untuk dimanfaatkan kayunya. Selain itu juga untuk membuat ladang, perkebunan, industri, pertambangan, maupun juga untuk tempat tinggal. Manusia bisa merusak ekosistem hutan misalnya saja dengan cara penebangan pohon secara liar ataupun pembakaran hutan, perburuan secara liar, dan juga penggunaan pupuk yang berlebihan.

Penebangan Pohon secara Liar dan Pembakaran Hutan
Jenis kayu yang biasa digunakan dalam memenuhi kebutuhan manusia, misalnya saja adalah jati, meranti, kamper, dan mahoni. Jenis-jenis kayu itu diambil dari hutan. Adanya penebangan hutan yang secara liar bisa mengakibatkan kerusakan pada tempat hidup tumbuhan maupun juga habitat hewan.
Akibatnya, banyak jenis tumbuhan yang menjadi berkurang sehingga lama kelamaan menjadi langka. Hal itu terjadi karena adanya pengambilan secara terus-menerus namun tidak melakukan penanaman kembali. Tumbuhan yang menjadi langka dampak dari kerusakan habitatnya misalnya saja seperti pohon jati, bunga anggrek, dan bunga rafflesia.
 
Materi IPA 6 SD : Kegiatan Manusia yang Memengaruhi Ekosistem atau Keseimbangan Alam
Contoh Tumbuhan Langka
Hutan berperan sangat penting bagi ekosistem. Di dalam hutan, hidup berbagai jenis hewan dan juga tumbuhan. Hutan menyediakan berbagai jenis makanan, tempat tinggal, dan juga perlindungan bagi hewan- hewan yang ada.
Apabila pohon-pohon ditebang terus, makan sumber makanan untuk hewan-hewan yng hidup di pohon itu akan berkurang atau bahkan menjadi tidak ada, karena hal itu banyak hewan yang kekurangan makanan. Akibatnya, banyak hewan yang musnah dan hewan tersebut menjadi langka.
Selain menebang pohon, manusia juga terkadang membuka lahan pertanian dan juga perumahan dengan cara membakar hutan. Akibatnya, lapisan tanah bisa terbakar, tanah pun menjadi kering dan juga tidak subur. Hewan-hewan tanah tak bisa hidup, Hewan-hewan yang besar banyak yang mencari makan ke tempat lain, bahkan hingga ke pemukiman manusia. Hal ini pun juga bisa merusak keseimbangan ekosistem.

2. Perburuan Hewan secara Terus-Menerus
Tak sedikit dari kegiatan manusia yang bisa merusak keseimbangan ekosistem, misalnya penangkapan ikan di laut dengan racun atau juga bahan peledak. Hal ini bisa mengakibatkan rusaknya terumbu karang. Terumbu karang sebagai tempat hidup ikan-ikan yang masih kecil yang merupakan makanan bagi ikan lebih besar. Penangkan ikan dengan kapal-kapal pukat harimau bisa mengakibatkan penurunan pada jumlah ikan di laut. Sebab, dengan menggunakan pukat harimau akan menjadikan ikan kecil ikut terjaring.
Materi IPA 6 SD : Kegiatan Manusia yang Memengaruhi Ekosistem atau Keseimbangan Alam
Terumbu Karang

Penangkapan secara liar terhadap beberapa hewan, seperti cendrawasih, penyu, badak, dan juga harimau  bisa mengakibatkan hewan-hewan itu menjadi langka. Manusia ada yang melakukan perburuan hewan hanya untuk bersenang-senang. Selain itu, ada juga yang memanfaatkan sebagai bahan makanan, hiasan, atau juga bahan pakaian. Tahukah kamu hewan-hewan langka yang lainnya? Coba kamu perhatikan gambar di bawah ini.
 
Materi IPA 6 SD : Kegiatan Manusia yang Memengaruhi Ekosistem atau Keseimbangan Alam
Contoh Hewan Langka
3. Penggunaan Pupuk yang Berlebihan
Para petani, biasanya melakukan beberapa cara supaya hasil pertaniannya menjadi tetap baik dan banyak. Cara-cara yang dilakukan para petani itu, diantaranya adalah dengan pemupukan dan pemberantasan hama. Pupuk tanaman yang dipakai para petani ada dua macam, yakni pupuk alami dan pupuk buatan.
Pupuk alami adalah pupuk yang dibuat dari bahan-bahan alami, misalnya saja dari kotoran hewan atau dari daun-daunan yang telah membusuk. Pupuk alami dikenal sebagai pupuk kandang atau pupuk kompos.
Pupuk buatan adalah pupuk yang dibuat dari bahan kimia. Contohnya adalah urea, NPK, dan ZA. Tahukah kamu, bagaimana cara penggunaan pupuk tersebut? Penggunaan pupuk buatan itu harus sesuai dengn aturan pemakaian karena bisa memengaruhi terhadap ekosistem. Pupuk buatan yang digunakan secara berlebihan dan jika kena air hujan maka akan larut dan terbawa oleh air ke sungai atau danau. Akibatnya, di tempat itu akan terjadi penumpukan unsur hara sehingga mengakibatkan gulma tumbuh subur. Eceng gondok tumbuh dengan subur hingga bisa menutupi permukaan sungai atau danau. Makhluk hidup dalam sungai atau juga dalam danau itu akan berkurang karena sinar matahari yang dibutuhkan tak sampai ke dasar sungai atau danau.
Untuk memberantas hama, para petani pun juga menggunakan pestisida atau insektisida. Contoh dari penggunaan insektisida yang merusak ekosistem adalah penggunaannya yang tidak tepat waktu, jumlahnya berlebihan, dan juga jenis insektisidanya yang tak sesuai. Penggunaan insektisida dan juga pestisida ini haruslah sesuai ketentuan agar tak membunuh makhluk hidup yang lain, seperti burung atau juga hewan lainnya yang tak merusak tanaman.

Demikianlah penyajian Materi IPA Kelas 6 SD tentang Kegiatan Manusia yang Mempengaruhi Ekosistem atau Keseimbangan Alam, yang bersumber dari Buku Bse Ilmu Pengetahuan Alam SD dan MI Kelas VI. Selamat belajar dan semoga sukses!

Artikel Terkait

Materi IPA 6 SD : Kegiatan Manusia yang Memengaruhi Ekosistem atau Keseimbangan Alam
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email