Sabtu, 21 Oktober 2017

Ciri Khusus Tumbuhan : Rafflesia, Kaktus, Teratai dan Kantung Semar

Ciri Khusus Tumbuhan Rafflesia, kaktus, teratai dan kantung semar : Selain hewan yang memiliki ciri khusus, tumbuhan juga memiliki ciri-ciri khusus yang digunakan untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungannya. Adapun pengetahuan tentang ciri-ciri khusus beberapa tumbuhan yang akan disajikan disini adalah pada tumbuhan Rafflesia, kaktus, teratai dan kantung semar.

Bau Bangkai pada Bunga Rafflesia
Ciri Khusus Tumbuhan : Rafflesia, Kaktus, Teratai dan Kantung Semar

Apakah kalian pernah mendengar sebuah bunga yang memiliki bau busuk seperti bangkai? Tumbuhan tersebut adalah bernama Rafflesia arnoldi, yang merupakan tanaman langka. Bunganya memiliki bau bangkai. Dimana hal itu untuk menarik perhatian lalat. Lalat, salah satu serangga yang diperlukan oleh bunga Rafflesia  guna membantu terjadinya penyerbukan.

Batang Penyimpan Air pada Kaktus
Ciri Khusus Tumbuhan : Rafflesia, Kaktus, Teratai dan Kantung Semar

Tahukah kalian tentang tumbuhan kaktus? Kaktus adalah tumbuhan yang hidup di gurun. Kaktus ini harus mengumpulkan dan juga menyimpan air sebanyak mungkin pada waktu hujan tiba. Tumbuhan Kaktus menyimpan airnya pada batang yang berdaging. Daunnya yang berbentuk duri atau seperti jarum, sehingga permukaannya kecil. Dengan permukaan daunnya yang kecil tersebut, kaktus bisa mengurangi penguapan air. Sehingga, tanaman tersebut tetap tumbuh.

Rongga Udara pada Batang dan Akar Teratai
Pernahkah kamu melihat tumbuhan teratai? Di manakah kalian temukan tempat hidup teratai? Coba kalian perhatikan gambar yang ada di bawah ini!

Ciri Khusus Tumbuhan : Rafflesia, Kaktus, Teratai dan Kantung Semar

Tumbuhan teratai, biasanya hidup dengan terapung di kolam atau juga danau. Daun yang dimiliki oleh tumbuhan teratai adalah lebar dan tipis. Hal itu untuk mempermudah penguapan air dari tanaman itu dan penyerapan cahaya matahari. Batang dan juga akar teratai mempunyai rongga-rongga udara. Rongga-rongga tersebut berfungsi untuk membawa oksigen ke batang dan juga akar. Sehingga, tumbuhan teratai bisa bernapas meskipun batang dan juga daun akar terendam di dalam air.
Seperti teratai, eceng gondok pun hidup terapung di kolam atau danau. Coba perhatikan gambarnya di bawah ini!
Ciri Khusus Tumbuhan : Rafflesia, Kaktus, Teratai dan Kantung Semar


Nektar Pemikat Serangga pada Kantung Semar
Beberapa tumbuhan tak bisa melakukan proses fotosintesis atau proses membuat makanannya sendiri. Namun, tumbuhan itu mempunyai cara untuk memperoleh makanannya yang siap santap dari mana saja.
Ciri Khusus Tumbuhan : Rafflesia, Kaktus, Teratai dan Kantung Semar

Apakah kalian pernah melihat sebuah tumbuhan yang disebut dengan kantung semar? Tumbuhan ini adalah salah satu tumbuhan yang khas berada di daerah rawa-rawa. Daerah ini memipunyai kandungan nitrogennya yang sedikit, sehingga tak mencukupi bagi kebutuhan tumbuhan yang hidup di daerah tersebut.
Untuk memenuhi kebutuhannya tersebutlah maka kantung semar sangat bergantung pada serangga yakni sebagai makanannya karena pada serangga terdapat kandungan yang banyak nitrogen.
Lalu, bagaimana tumbuhan kantung semar tersebut bisa menangkap serangga? Tumbuhan kantung semar mempunyai daun yang bentuknya seperti piala. Dimana, dinding daun ini akan mengeluarkan nektar  yang digunakan untuk memikat serangga. Serangga pun yang terpikat oleh nektar, akan hinggap pada dinding daunnya yang licin. Sehingga, serangga pun akan tergelincir dan kemudian terjatuh ke dalam cairan yang ada di dasar daun tersebut. Cairan inipun kemudian akan menguraikan dan juga melarutkan serangga. Dan setelah itu, maka akan diserap oleh tubuh dari tumbuhan kantung semar.

Demikianlah penyajian pengetahuan tentang Ciri Khusus Tumbuhan : Rafflesia, Kaktus, Teratai dan Kantung Semar, yang bersumber dari Buku Bse Ilmu Pengetahuan Alam SD dan MI Kelas VI. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Ciri Khusus Tumbuhan : Rafflesia, Kaktus, Teratai dan Kantung Semar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email