Blog Seorang Guru SD Untuk Berbagi Secara Online

Macam-macam Sendi Manusia – IPA Kelas 4 SD

Dedetaufik.com - Materi IPA Kelas 4 SD tentang Macam-macam Sendi Manusia : Sendi atau disebut juga sebagai hubungan antartulang. Berdasarkan sifat geraknya, sendi dibedakan menjadi tiga jenis, yakni sendi mati, sendi kaku, dan sendi gerak.
 Pelajari juga : Jenis Rangka dan Kegunaannya
Macam-macam Sendi Manusia – IPA Kelas 4 SD

1. Sendi Mati (Sinartrosis)
Sendi mati, adalah hubungan antartulang yang tak dapat digerakkan. Contohnya adalah hubungan pada tulang tengkorak.

2. Sendi Kaku (Amfiartrosis)
Sendi kaku, adalah hubungan antartulang yang bisa digerakkan, namun gerakannya bersifat terbatas. Contohnya adalah hubungan tulang rusuk dan tulang dada, hubungan pada tulang pergelangan tangan, pergelangan kaki, serta ruas-ruas tulang belakang.

3. Sendi Gerak (Diartrosis)
Sendi gerak, adalah hubungan antartulang yang memungkinkan gerakan tulang secara bebas atau dapat digerakkan secara leluasa. Contohnya adalah sendi antartulang lengan atas dengan gelang bahu.

Macam-macam Sendi Gerak
Sendi Engsel
Sendi engsel adalah sendi yang dapat bergerak hanya satu arah. Hal itu disebabkan karena bonggol tulang yang masuk ke dalam cawan atau mangkuk tulang tidak terlalu dalam. Contohnya pada persendian siku dan lutut atau hubungan antar ruas pada jari tangan dan kaki.

Sendi Pelana
Sendi pelana adalah sendi yang hubungannya dua tulang yang permukaannya berbentuk seperti pelana kuda. Pada sendi ini, salah satu tulang dapat bergerak ke dua arah, contohnya hubungan antara ruas jari dan telapak tangan.

Sendi Geser
Sendi geser adalah sendi yang hubungan dua tulang yang hanya terjadi sedikit gerak pergeseran permukaan kedua tulang yang berhubungan secara rata. Sendi geser memungkinkan pergeseran antar tulang, misalnya sendi yang terdapat pada tulang belakang atau tulang-tulang pada telapak tangan dan telapak kaki.

Sendi Putar
Sendi putar adalah sendi yang hubungan dua tulang yang memungkinkan gerakan salah satu tulang dapat bergerak memutari tulang yang lain sebagai poros sendi. Contohnya adalah pada hubungan antartulang atlas pada leher dan tulang tengkorak, serta hubungan antara tulang hasta dan pengumpil.

Sendi Peluru

Sendi peluru ini dapat bergerak ke segala arah. Hal ini disebabkan ujung yang satu berbentuk bonggol atau peluru yang masuk ke dalam tulang lain. Contohnya adalah hubungan antartulang gelang bahu dan tulang lengan atas, serta antara gelang panggul dan tulang paha.

0 comments:

Post a Comment