Blog Seorang Guru SD Untuk Berbagi Secara Online

Bentuk Pecahan : Biasa, Campuran, Desimal, Persen, dan Permil

Materi Matematika Kelas 6 SD Semester 1 Tentang Mengenal Berbagai Bentuk Pecahan : Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita dihadapkan dalam permasalahan yang berhubungan dengan pecahan. Misalnya, ada satu kue yang kemudian dipotong-potong menjadi beberapa bagian karena akan dibagikan pada saudaranya.
Tahukah kalian, ada berapa bentuk pecahan itu? Ya, pada dasarnya bentuk pecahan ada 5, yakni pecahan biasa, pecahan campuran, pecahan desimal, persen, dan permil.

1. Pecahan Biasa
Pecahan biasa adalah pecahan yang terdiri dari pembilang dan penyebut. Pembilang adalah bilangan yang ada di sebelah atas, dan penyebut yang berada di sebelah bawah. Untuk lebih jelasnya perhatikan di bawah ini.
Bentuk Pecahan : Biasa, Campuran, Desimal, Persen, dan Permil

Pecahan biasa pada gambar di atas dibacanya adalah dua pertiga.

2. Pecahan campuran
Pecahan campuran adalah pecahan yang terdiri dari bilangan bulat, pembilang, dan penyebut. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan di bawah ini!

Bentuk Pecahan : Biasa, Campuran, Desimal, Persen, dan Permil

Pecahan campuran pada gambar di atas dibacanya adalah dua ‘tiga perlima’.

3. Pecahan decimal
Pecahan desimal adalah bilangannya dipisahkan dengan koma atau pecahan yang menggunakan tanda koma setelah bilangan bulat. Contohnya adalah 3,6 atau juga 1,5.
Lalu, bagaimanakah caranya untuk membaca bilangan desimal? Caranya sangat mudah, silahkan kalian perhatikan beberapa contoh di bawah ini ya!
0,5 dibacanya adalah nol koma lima.
2,1 dibacanya adalah dua koma satu.

4. Persen
Persen adalah perseratus. contohnya, 50% sama dengan 50/100. Simbol persen adalah “%”. Contoh lainnya dalam bilangan misalnya adalah 75% (dibaca tujuh puluh lima persen).

5. Permil
Permil adalah pecahan perseribuan. Lambang permil adalah ‘0/00. Contohnya, 750/00 (dibaca tujuh puluh lima permil atau perseribuan).
Demikian penyampaian materi pembelajaran tentang Bentuk Pecahan yang terdiri atas Pecahan Biasa, Pecahan Campuran, Desimal, Persen, dan Permil. Semoga bermanfaat!

Sumber : www.matematikadasar.info

0 comments:

Post a Comment