Blog Seorang Guru SD Untuk Berbagi Secara Online

Perkalian dan Pembagian Operasi Hitung Bilangan Bulat – Matematika 5 SD

Pada kesempatan sebelumnya, kami pernah menyajikan pengetahuan tentang Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat. Kali ini, kami akan membahas berkenaan dengan Perkalian dan Pembagian Operasi Hitung Bilangan Bulat. Dimana, perkalian dan pembagian seringkali dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Perkalian dan Pembagian Operasi Hitung Bilangan Bulat – Matematika 5 SD


Perkalian
Contoh misalnya, seorang pedagang akan menjual 5 karung beras. Setiap karungnya berisi 20 kilogram. Berapa kilogram seluruh beras yang akan dijual oleh pedagang tersebut?
Nah, untuk menjawab soal di atas maka penyelesaiannya menggunakan perkalian, yakni 5 dikali 20 yang hasilnya adalah 100. Jadi, pedagang itu akan menjual beras sebanyak 100 kilogram.
Perlu diingat, bahwa dalam perkalian bilangan bulat terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni perkalian bilangan bulat positif dengan positif hasilnya adalah positif (+ x + = +), perkalian bilangan bulat positif dengan negatif hasilnya adalah negatif (+ x - = -) atau sebaliknya, dan perkalian bilangan bulat negatif dengan negatif hasilnya adalah positif (- x - = +).
Perkalian positif dengan positif
Contoh soal :
1. Hasil dari 20 x 10 adalah …
Pembahasan :
Keduanya adalah bilangan bulat positif, jadi hasilnya nanti akan positif. 20 x 10 = 200. Jadi, hasil dari 20 x 10 adalah positif 200 atau 200.

2. Hasil dari 9 x 6 adalah …
Pembahasan :
9 kali 6 hasilnya adalah 54. Sehingga, 9 x 6 = positif 54 atau 54.

Perkalian positif dengan negatif (atau sebaliknya)
Contoh soal :
1. Hasil dari 4 x (-5) adalah …
Pembahasan :
Bilangan bulat positif jika dikalikan dengan negatif maka hasilnya adalah negatif. Caranya, kamu kalikan saja angkanya yakni 4 x 5 = 20. Nah, karena salh satunya negatif (-5), maka hasilnya menjadi negatif 20 atau -20. Jadi, hasil dari 4 x (-5) adalah -20.

2. Hasil dari (-8) x 7 adalah …
Pembahasan :
Untuk soal yang kedua ini merupakan kebalikan dari soal yang pertama yakni bilangan bulat negatif dikali dengan positif, maka hasilnya juga sama yaitu negatif. Kamu juga sama tinggal kalikan angkanya yakni 8 x 7 = 56. Karena salah satunya negatif (-8), maka halinya negatif 56 atau -56. Jadi, hasil dari (-8) x 7 = -56.

Perkalian negatif dengan negatif
Contoh soal :
1. Hasil dari (-6) x (-5) adalah …
Pembahasan :
Keduanya adalah bilangan negatif, jadi nanti hasilnya adalah positif. Kamu tinggal kalikan saja angkanya yakni 6 x 5 = 30. Jadi, hasil dari (-6) x (-5) adalah positif 30 atau 30.

2. Hasil dari (-10) x (-7) adalah …
Pembahasan :
Kamu tinggal kalikan 10 x 7 dengan hasilnya adalah 70. Sehingga, Hasil dari (-10) x (-7) adalah positif 70 atau 70.

Nah, agar kamu lebih memahami terhadap materi perkalian bilangan bulat, alangkah baiknya kamu kerjakan beberapa soal di bawah ini sebelum melanjutkan pada materi berikutnya tentang pembagian bilangan bulat.
Kerjakan soal di bawah ini dengan benar!
1. Hasil dari 34 x 45 adalah …
2. Hasil dari 23 x 38 adalah …
3. Hasil dari 25 x (-50) adalah …
4. Hasil dari (-12) x 13 adalah …
5. Hasil dari (-24) x (-6) adalah …

Bagaimana sudahkan kamu menyelesaian 5 soal di atas? Jika sudah, sekarang kita lanjutkan pada materi berikutnya.

Pembagian
Pada dasarnya pembagian merupakan kebalikan dari perkalian, misalnya seperti 3 x 4 = 12, kebalikannya yakni 12 : 4 = 3, atau 12 : 3 = 4. Namun, yang perlu kamu perhatikan pada bilangan bulat adalah tanda yang positif dan negatifnya.
Sebenarnya, aturan yang terdapat pada pembagian juga sama dengan perkalian yakni jika positif bagi positif hasilnya positif, positif bagi negatif hasilnya negatif (dan berlaku sebaliknya), dan negatif bagi negatif hasilnya positif.
Contoh soal :
1. Hasil dari 20 : 4 adalah …
Pembahasan :
Soal nomor 1, keduanya adalah bilangan bulat positif sehingga jika dibagi maka hasilnya adalah positif. Jadi, 20 : 4 = positif 5 atau 5. Jadi, hasil dari 20 : 4 adalah 5.

2. Hasil dari 15 : (-5) adalah …
Pembahasan :
Soal nomor 2, bilangan postif dibagi bilangan negative hasilnya adalah negatif. Sehingga hasil dari 15 : (-5) adalah negatif 3 atau -3.

3. Hasil dari (-45) : 9 adalah …
Pembahasan :
Sama halnya nomor 2, bilangan negatif dibagi bilangan positif hasilnya adalah negative. Sehingga, hasil dari (-45) : 9 adalah negative 5 atau -5.

4. Hasil dari (-21) : (-7) adalah …
Pembahasan :
Sementara untuk soal nomor 4, bilangan negatif dibagi bilangan negatif hasilnya adalah psitif sehingga hasil dari (-21) : (-7) adalah positif 3 atau 3.

Kesimpulan :
Dari pembahasan diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa suatu bilangan bulat dikali atau dibagi. Maka, jika tandanya sama hasilnya positif dan jika tandanya beda hasilnya negatif.

Itulah pengetahuan tentang perkalian dan pembagian bilangan bulat yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment