Blog Seorang Guru SD Untuk Berbagi Secara Online

Mengenal Jenis-jenis Akar dan Fungsinya

Pengetahuan tentang akar yang akan dibahas pada artikel ini adalah berhubungan dengan jenis-jenis akar dan fungsi akar. Namun, alangkah baiknya jika singgung dulu apa pengertian akar? Berdasarkan pengetahuan yang dikutip dari Wikipedia bahwa akar adalah bagian yang pokok pada tumbuhan di samping batang dan daunnya, yang tumbuh menuju inti bumi kormus. Salah satu sifat yang terdapat pada akar yakni bentuk ujungnya yang seringkali meruncing, sehingga akar tersebut lebih mudah menembus tanah.

Pada umumnya, akar memiliki dua jenis yakni akar serabut dan akar tunggang.

Jenis-jenis Akar dan Fungsinya
Pada umumnya, akar memiliki dua jenis yakni akar serabut dan akar tunggang.
1. Akar serabut
Akar serabut pada umumnya dimiliki oleh tumbuhan monokotil. Meskipun ada juga tumbuhan dikotil yang memilikinya yakni tumbuhan dikotil itu dikembangbiakkan melalui mencangkok, ataupun stek). Fungsi akar serabut yang utaman adalah untuk memperkokoh suatu tumbuhan sehingga bisa berdiri.

2. Akar tunggang
Akar tunggang pada umumnya dimiliki oleh tumbuhan dikotil. Dengan fungsi yang utama dari akar tunggang adalah untuk menyimpan makanan. Misalnya, ubi, wortel, dan juga yang lainnya yang bentuknya umbi-umbian.

Jika dilihat berdasarkan fungsinya, akar juga dibedakan beberapa jenis, yakni :
1. Akar Gantung
Akar gantung merupakan akar yang terlihat menggantung di udara. Dimana, akar ini tumbuh pada bagian atas batangnya dan juga tumbuhnya menuju ke arah tanah. Fungsi dari akar gantung ini untuk menyerap uap air danjuga gas dari udara. Tetapi, jika akar ini sudah tiba di tanah, maka akar gantung ini akan masuk ke dalam tanah yang fungsinya adalah untuk menyerap air dan juga garam-garam mineral. Contoh tumbuhan yang memiliki akar gantung adalah pohon beringin.

2. Akar Napas
Akar napas tumbuhnya menuju keluar dari batang yang bawah, dimana sebagiannya muncul di permukaan tanah dan juga yang sebagiannya lagi ada pada bagian bawah tanah. Fungsi dari akar napas ini adalah untuk bernapas. Contoh tumbuhan yang memiliki akar napas adalah pandan dan bakau.

3. Akar Pelekat
Akar pelekat tumbuhnya adalah di sepanjang batang. Akar pelekat ini ada pada suatu tumbuhan yang tumbuhnya memanjat. Dimana fungsi dari akar pelakat adalah untuk melekatkan batangnya pada tembok maupun juga pada tumbuhan yang lain. Contoh dari tumbuhan yang memiliki akar pelekat adalah sirih.

Lalu, apa fungsi akar pada tumbuhan?
Secara umum fungsi akar pada tumbuhan adalah  untuk menyokong dan juga menjadikan tumbuhan kokoh sehingga mampu berdiri di tempat hidupnya, sebagai alat untuk menyerap air dan juga garam-garam mineral (zat-zat hara) dari dalam tanah, dan mengangkut air maupun zat-zat makanan yang telah diserap. Selain itu, pada tumbuhan bakau akar ini berfungsi untuk respirasi dan pada tumbuhan wortel dengan akar tunggangnya yang membesar memiliki fungsi untuk menyimpan makanan. Sementara pada tumbuhan sukun, dari bagian akarnya itu bisa tumbuh lagi menjadi tumbuhan atau individu yang baru.

Itulah pengetahuan tentang jenis-jenis akar dan fungsinya. Semoga bermanfaat!!!

0 comments:

Post a Comment