Blog Seorang Guru SD Untuk Berbagi Secara Online

Keunikan Warung Makan H. Abas yang Murah Meriah dan Nikmat

Hari Minggu adalah hari yang digunakan untuk berkumpul dan memanfaatkan waktu bersama keluarga, khususnya bagi pekerja seperti kami. Pasalnya, di hari Senin hingga Sabtu dari pagi hingga sore hari, kami harus menjalankan rutinitas dalam bekerja. Dengan begitu, satu hari itu harus bisa menjadi waktu yang berkesan dan bermanfaat.
Minggu ini, tepatnya tanggal 9 Juli 2017, kami sekeluarga menyempatkan waktu untuk berlibur ke suatu tempat bersejarah dan seringkali dijadikan sebagai obyek wisata religius yakni Situ Panjalu. Namun sebelum menuju ke tempat itu, kami sekeluarga singgah dulu ke tempat kuliner yakni Rumah Makan H. Abas.

Rumah Makan H. Abas lokasinya di Daerah Kawali, tepatnya di Jalan Talagasari Kawali. Dimana, lokasinya pun lumayan jauh dari jalan raya atau pusat perkotaan karena masuk lagi ke dalam melalui jalan kecil dan berada di lokasi pesawahan.


Rumah Makan H. Abas lokasinya di Daerah Kawali, tepatnya di Jalan Talagasari Kawali. Dimana, lokasinya pun lumayan jauh dari jalan raya atau pusat perkotaan karena masuk lagi ke dalam melalui jalan kecil dan berada di lokasi pesawahan. Namun, meskipun demikian ternyata para pecinta kuliner khususnya yang sudah ketagihan atau menjadi pelanggan di rumah makan tersebut. Lokasi itu tak menjadikan alasan untuk tak berkunjung, dan bahkan banyak sekali hendak sengaja untuk bersinggah hanya sekedar menikmati hidangan masakan Rumah Makan H. Abas.
Sebagaimana yang kami rasakan, rasa dari masakannya tak jauh berbeda dengan di rumah makan lainnya. Namun, ada hal unik yang terjadi disana. Dimana, kita bisa membawa menu sendiri seperti nasi timbel, daging ayam, ikan bandeng, bakwan, dan lain sebagainya. Bahkan, pete pun ada disana baik yang mentah, yang dikukus, ataupun kita bisa meminta untuk dibar dulu petenya. Bukan itu saja keunikannya, namun harganya yang sangat terjangkau bahkan sangat murah meriah dan juga nikmat.
Bayangkan saja, kami sekeluarga berjumlah 8 orang dengan makan sepuasnya, untuk yang laki-laki dengan menghabiskan 2 bungkus nasi timbel, dan bahkan Ibu Mertua membungkus lagi daging ayamnya. Ternyata, kami hanya membayar sekitar kurang lebih 80 ribuan (kata Kakak Ipar yang bayar dulu semuanya).
Tentunya, hal itu bagi kami sangat unik dimana dengan makan yang sepuasnya dan juga nikmat, kami tidak mengeluarkan uang yang banyak. Dan pastinya, hal ini akan berbeda dengan rumah makan lainnya.
Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Kakak Ipar saya, Deni Prayitna. Bahwa katanya Rumah Makan H. Abas itu memiliki sejarahnya. Dimana, asal mula beliau mendirikan rumah makan di pinggir sawah, awalnya adalah untuk mempermudah para petani dulunya supaya tidak susah payah ketika mau makan dan tak perlu bawa bekal dari rumah. Namun ternyata, nasib berkata lain hingga akhirnya Rumah Makan H. Abas, bukan hanya dikunjungi oleh para petani melainkan lebih dari itu banyak pengunjung yang sengaja data kesana. Selain itu, katanya juga Rumah Makan H. Abas itu buka 24 jam. Jadi, kapanpun kita lapar di malam hari dan kebetulan berada di daerah sana, maka kita bisa singgah kesana.
Sikap dari pekerjanya terhadap pengunjungnya juga ramah. Katakanlah namanya Pak Amin (kalau gak salah) yang merupakan koki atau tukang masaknya. Dia selalu bersikap ramah, termasuk ketika saya memintanya untuk membakar pete. Dia dengan sigapnya mengambil pete itu dan langsung memasukannya pada tempat pembakaran (‘hawu’ sebutan Orang Sunda).
Ketika makan bersama, kami sekeluarga memilih di depan rumah milik Pak H. Abas sendiri karena lokasinya memang tak jauh dari rumah makannya, yakni di belakangnya. Dan kami pun tak mau kehilangan momen momen kebersamaan tersebut sehingga kami pun mengabadikannya melalui foto HP yang ada yang kemudian dituangkan dalam coretan ini sebagai kenang-kenangan di masa yang akan datang.

Itulah kiranya coretan sederhana tentang Keunikan Warung Makan H. Abas yang Murah Meriah dan Nikmat. Bagi Anda yang ingin mencobanya, silahkan singgah saja langsung ke Rumah Makan H. Abas yang berlokasi di Kawali. Salam silaturahmi dari kami semua!

0 comments:

Post a Comment