Blog Seorang Guru SD Untuk Berbagi Secara Online

Mengenal Hewan Katak dan Penjelasannya

Pengetahuan tentang Hewan Katak yang akan dijelaskan pada artikel ini adalah berkaitan dengan ciri khusus katak, cara perkembangbiakan katak, dan pernapasan katak. Sebagaimana yang diketahui bahwa katak adalah salah satu jenis hewan yang bisa hidup di dua alam, yakni di air (air tawar) dan juga di darat. Sehingga, katak disebut sebagai hewan amfibi. Katak juga memakan serangga dan memiliki kulit yang licin, warnanya merah kecoklat-coklatan ataupun hijau, kaki belakang yang dimiliki oleh katak lebih panjang, serta ia pandai berenang dan juga melompat.

Mengenal Hewan Katak dan Penjelasannya


Ciri Khusus Katak
Katak, memiliki ciri khusus seperti hewan lainnya. Adapun ciri khusus pada hewan adalah adalah bernafas dengan paru-paru dan melalui kulit, hewan berdarah dingin yang hidupnya di dekat air, dan gendang telinga katak berada di belakang matanya. Selain itu, ciri khusus katak yang lainnya adalah sebagai berikut:
1. Lidah katak
Katak memiliki lidah yang berada di bagian depan mulutnya, yang tentunya berbeda dengan letak lidah yang dimiliki oleh kita sebagai manusia.

2. Mata
Mata yang berfungsi sebagai indera penglihatan pada katak posisinya menonjol dari tubuhnya. Dengan begitu, kemampuan penglihatan katak sangat baik. Dimana, mata yang seperti itu bisa dimanfaatkan untuk digunakan melihat dan mengetahui keadaan yang ada di sekitar. Karena posisinya yang menonjol, tentu saja bisa melihat ke segala arah.

3. Hidung katak
Bukan hanya mata saja yang terletak di atas kepalanya, melainkan juga hidungnya. Sehingga, ketika dirinya sedang di dalam air, maka ia akan tetap bisa melakukan kegiatan bernafas.

4. Kaki katak
Pernahkan Anda memerhatikan kaki yang dimiliki oleh katak? Tahukah Anda jika kaki katak memiliki perbedaan antara yang depan dan belakang? Dimana, kaki belakang pada katak ukurannya lebih panjang dan lebih besar dari kaki depannya. Ukuran kaki belakangnya yang lebih besar, ia gunakan untuk berenang ketika berada di air. Selain itu, kaki belakangnya juga dimanfaatkan olehnya untuk berlompat, dan seperti yang kita ketahui bahwa kemampuan meloncat yang dimiliki oleh katak tak bisa diragukan lagi. Ia mampu melompat jauh hingga bisa mencapai jarak sekitar 20 kali panjang tubuhnya.

5. Memiliki kelenjar
Pada tubuhnya, katak memiliki sebuah kelenjar. Dimana kelenjar tersebut digunakan untuk memproduksi racun, yang tujuannya sebagai alat untuk menjaga diri dan menghindar dari para pemangsanya.

Cara Perkembangbiakan Katak
Ketika katak hendak bereproduksi, seekor katak dewasa mencari tempat yang ada airnya. Di tempat itulah katak akan menyimpan telurnya yang kemudian nantinya akan dilakukan pembuahan secara eksternal. Telu-telur itu pun selanjutnya akan berkembang menjadi berudu, katak muda, dan akhirnya akan menjadi katak dewasa.. Dimana, proses yang dilakukan oleh katak itu dikenal sebagai proses ‘metamorfosis’.

Cara Pernapasan Katak
Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, bahwa katak bermetamorfosis dari telur menjadi berudu, kemudian menjadi katak muda, dan selanjutnya menjadi katak dewasa. Dimana, dalam tahapan tersebut terdapat perbedaan dalam proses bernafasnya.
1. Berudu
Berudu hidupnya di air dan pada masa ini ia bernapas menggunakan tiga pasang insang luar yang terdapat di kepala bagian belakang.

2. Katak muda
Pada masa katak muda, ia bernafas dengan menggunakan insang dalam. Katak muda hidunya masih di air.

3. Katak dewasa
Nah, untuk katak dewasa hidupnya bukan hanya di air tapi juga hidup di darat. Sehingga, ia bernafasnya menggunakan paru-paru dan kulit. Dan bisa kita perhatikan jika kulit katak terlihat basah yang ia gunakan sebagai pengikat oksigen.

Itulah pengetahuan tentang Hewan Katak dan Penjelasannya. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment