Blog Seorang Guru SD Untuk Berbagi Secara Online

Jenis Rangka dan Kegunaannya - Materi IPA Kelas 4 SD

Apakah kamu tahu apa yang disebut dengan rangka? Coba sebutkan jenis-jenis rangka yang kamu ketahui! Dan tahukah kamu apa kegunaan dari rangka itu sendiri? Nah, pertanyaan-pertanyan berikut merupakan beberapa pertanyaan yang akan menjadi bahasan dalam artikel ini.
Rangka merupakan sebuah penunjang maupun penopang untuk bagian-bagian tubuh yang lunak dan juga lemah pada makhluk hidup seperti hewan dan manusia.

Jenis Rangka
Jika makhluk hidup tidak memiliki rangka, pastilah tubuhnya terlihat kendur dan juga bentuknya akan terlihat tidak tetap. Nah, sekarang coba pegang tanganmu sendiri! Jika tangan kiri yang dipegang ataupun sebaliknya, coba kamu rasakan apakah tangganmu itu lembek atau keras? Pastinya akan terasa keras, karena kamu memiliki rangka yang menjadi penyusunnya. Sekarang kamu coba sejenak membayangkan apabila kamu tidak memiliki tangan yang bertulang! Tentu saja kamu tidak bisa mengambil sesuatu, misalnya mengambil makanan untuk kamu makan atau mengambil barang-barang yang ingin kamu ambil dengan tanganmu. Sulit rasanya bukan jika kita sebgai manusia tak bisa memegang apa yang kita inginkan? Itulah karuni dari Alloh Swt yang meski kita syukuri.
Perlu diketahui, bahwa pada dasarnya manusia dan hewan itu memiliki rangka. Tapi, pastinya rangka yang dimiliki oleh manusia akan berbeda dengan rangka yang terdapat pada hewan. Sebagaimana yang bisa kita rasakan, bahwa kita bisa berdiri dengan tegak karena memiliki bentuk rangka yang diciptakan secara sempurna.
Nah, sekarang kamu perhatikan seekor kucing yang ada di rumahmu (jika kamu memeliharanya) atau juga seekor kucing milik tetangga yang kebetulan bisa kamu perhatikan. Bagaimana dengan rangka yang terdapat pada kucing?  Nah, untuk rangka yang terdapat pada hewan kucing adalah rangka dalam karena rangkanya berada di dalam tubuhnya.
Sementara jika kita perhatikan seekor kepiting, maka kita bisa melihat dan merasakan bahwa rangka pada kepiting adalah di luar atau disebut sebgai rangka luar. Lalu, bagaimana dengan seekor ikan? Kalau seekor ikan memiliki rangka dalam dan luar sekaligus, yakni untuk rangka luarnya berupa sirip dan sisik, sementara untuk rangka dalamnya berupa duri.
Sebagai pengetahuan, bahwa rangka yang terdapat di dalam tubuh disebut sebagai rangka dalam atau endoskeleton. Sementara untuk rangka yang ada di luar tubuh disebut sebagai rangka luar atau eksoskeleton.

Kegunaan Rangka
Setelah di atas dibahas tentang jenis rangka yakni rangka dalam dan rangka luar, sekarang kita lanjutkan pada bahasan berikutnya yakni apa kegunaan dari rangka? Sebagaimana yang telah disinggung pula di atas, bahwa jika beberapa hewan ada yang memiliki rangka dalam dan rangka sekaligus. Namun, untuk manusia hanya memiliki satu jenis rangka yakni rangka dalam. Dimana, terdapat beberapa tulang yang membentuk rangka yakni tulang rawan dan tulang keras. Untuk tulang rawan biasanya agak lentur dengan contohnya adalah tulang yang terdapat pada hidung maupun juga telinga. Sementara untuk tulang keras memiliki sifat yang keras dan juga kaku.

Jenis Rangka dan Kegunaannya - Materi IPA Kelas 4 SD

Perlu diketahui, bahwa sesungguhnya keberadaan rangka itu sangat berguna bagi manusia. Dimana manusia bisa berdiri dengan tegak, berlari, dan melakukan berbagai aktivitas lainnya. Adapun kegunaan rangka adalah sebagai berikut:
1. Melindungi bagian organ-organ tubuh yang lunak.
2. Sebagai tempat untuk melekatnya otot-otot tubuh.
3. Menegakkan dan juga sebagai pemberi bentuk tubuh.
4. Membantu untuk melakukan gerakan.
5. Sebagai tempat untuk membuat sel darah merah.

Demikian pengetahuan tentang Jenis Rangka dan Kegunaannya Materi IPA Kelas 4 SD bersumber dari Buku Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar atau Bse Depdiknas. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment