Blog Seorang Guru SD Untuk Berbagi Secara Online

Mengenal Ikan Lele dan Penjelasannya

Pengetahuan tentang ikan lele yang akan dijelakan pada artikel kali ini adalah berkenaan dengan bagaimana cara ikan lele berkembangbiak, ciri khusus ikan lele, perbedaan ikan lele jantan dan betina, dan manfaat ikan lele bagi kehidupan manusia.
Sebagaimana yang diketahui bersama bahwa lele adalah salah satu jenis ikan yang mudah ditemukan oleh kita di lingkungan sekitar dan ikan lele hidupnya di jenis air tawar. Secara ilmiah, ikan lele mempunyai banyak spesiesnya sehingga hal itu memunculkan jenis nama ikan lele yang tersebar di daerah seperti ikat maut di daerah Gayo, ikan kalang di Sumatra Barat (Sumbar), ikan pintet di Kalimantan Selatan (Kalsel), dan masih banyak sebutan ikan lele untuk daerah yang lainnya.

Mengenal Ikan Lele dan Penjelasannya


Perkembangbiakan Lele
Tak menutup kemungkinan dari Anda ada yang pernah bertanya atau pun sedang mencari informasi yang berkenaan dengan bagaimana cara perkembangbiakan ikan lele? Pada dasarnya ikan lele berkembangbiak dengan cara ovivar atau bertelur. Dimana, biasanya ikan lele ini melakukan perkawinannya setiap tahun. Namun, seringkali ikan ini melakukan perkawinannya di awal musim hujan yakni sampai beralih musim mejadi kemarau.
Perlu diketahui, bahwa ketika lele akan memasuki masa perkembangbiakan. Ikan lele yang sudah berpasangan yakni ikan lele betina dan jantan akan mencari suatu tempat. Biasanya, temptnya di dalam lubang yang dalamnya sekitar 20 hingga 30 sentimeter. Tentunya, tempat yang dipilihnya juga adalah sebuah tempat yang memang teduh dan aman baginya untuk bersarang. Dari hasil perkawinannya, biasanya seekor induk lele bisa menghasilkn sekitar 1.000 sampai 1.500 telur dalam satu kali pijahannya.

Ciri Khusus Ikan Lele
Pada dasarnya setiap makhluk hidup pasti memiliki ciri khusus, termasuk juga ikan lele. Hal ini tentunya bermanfaat untuknya agar bisa mempertahankan hidup, baik untuk beradaptasi dengan lingkungannya atau pun untuk mencari makan agar tetap hidup. Adapun beberapa ciri khusus yang terdapat pada ikan lele, yakni :
1. Tubuhnya licin tak bersisik
Apakah Anda pernah memegang ikan lele? Bagaimana yang Anda rasakan ketika sedang memegang tubuh lele tersebut? Kami yakin jawabannya adalah licin. Ya tubuh lele memang licin berbeda dengan jenis ikan lainnya. Tubuh lele tak bersisik yang menjadikan ia licin ketika dipegang. Fungsinya adalah untuk mempermudah bagi lele melakukan gerakan di dalam lumpur. Selain itu juga, mempermudah dirinya melarikan diri dari serangan yang berbahaya seperti hendak ditangkap oleh manusia.

2. Memiliki Patil
Pernahkah Anda melihat dua buah sirip yang terdapat di tubuh lele? Dua buah sirip itu namanya adalah “patil”. Patil ini digunakan oleh ikan lele untuk melumpuhkan mangsanya. Selain itu, sebagai alat untuk menjaga dirinya dari serangan yang akan membahayakannya. Dan apabila kita terkena patil itu, maka rasanya sangat sakit. Hal itu dikarenakan pada patil terdapat bisa atau racun.

3. Memiliki Misai
Ikan lele memiliki misai yang jumlahnya 8 buah, yakni 2 di bibir kiri bawah, 2 di bibir kiri atas, 2 di bibir kanan bawah, dan 2 lagi di bibir kanan atas. tentunya misai ini juga memiliki manfaat baginya yakni digunakan sebagai alat peraba dan juga untuk mencari makan.

4. Tubuh lele memanjang
Ciri khusus yang keempat dari ikan lele adalah bentuk tubuhnya yang memanjang. Tentunya hal ini juga sangat berbeda dengan ikan-ikan lainnya yang ada di air tawar.

Perbedaan ikan lele betina dan jantan
Pada saat Anda memegang atau melihat lele, apakah kalian bisa membedakan apakah lele itu berkelamin betina atau jantan? Sulit memang bagi kita untuk membedakannya, namun sebagai bahan untuk referensi bahwa sebenarnya ada perbedaan antara ikan lele betina dan jantan.
Lele betina
- Alatkelaminnya tampak jelas dan meruncing
- Perutnya ramping
- Tulang kepalanya lebih pipih atau mendatar
- Warna dasarnya gelap atau hitam

Lele jantan
- Tonjolan alatkelamin kemerahan dan membulat dan kemerahan, serta lubangnya cukup besar untuk mengeluarkan telur
- Tulang kepalanya sedkit cembung
- Gerakannya lebih lambat
- Warna dasar badannya lebih cerah

Manfaat bagi kehidupan manusia
Pada dasarnya, ikan lele merupakan ikan yang bisa dipelihara atau dbudidayakan. Tentunya, manfaat dari ikan lele bagi kehidupan manusia adalah bisa digunakan sebagai menu makanan yang penyajiannya juga beragam sesuai dengan selera yakni dikukus, maupun juga digoreng. Rasanya pun sangat nikmat dan lezat.

Demikian pengetahuan tentang Mengenal ikan lele dan penjelasannya. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment