Blog Seorang Guru SD Untuk Berbagi Secara Online

Mengenal Hewan Unta dan Penjelasannya

Pada artikel tentang Hewan Unta ini akan dijelaskan bagaimana ciri khusus unta, persebaran unta, dan manfaat hewan unta bagi manusia. Unta merupakan salah satu hewan yang memiliki punuk dengan wilayah hidupnya di daerah kering, dan umurnya hidup sekitar 30-50 tahun. Jenis hewan ini dibagi menjadi dua, yakni unta berpunuk satu dan unta berpunuk dua. Sejak zaman dahulu hewan unta ini seringkali dimanfaatkan untuk membawa orang-orang untuk menyebrangi padang pasir. Dimana, unta juga dikenal dengan hewan yang mampun melakukan perjalanan jauh tanpa makan dan juga minum dalam beberapa waktu.

Mengenal Hewan Unta dan Penjelasannya


Ciri Khusus Unta
Sebagaimana hewan yang lainnya, unta juga memiliki ciri khusus yang bermanfaat sekali bagi kelangsungan hidupnya.
1. Memiliki punuk
Seperti yang telah dikatakan di atas, bahwa unta memiliki punuk. Punuk unta fungsinya adalah sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan, yakni berbentuk lemak. Sehingga, hewan unta bisa bertahan hidup di daerah padang pasir karena dengan punuk yang dimilikinya ia bisa bertahan meski tanpa minum dan makan jika sedang bepergian jauh atau perjalanan.

2. Tubuh yang tinggi dan besar
Tahukah Anda bahwa tubuh hewan untuk tinggi dan besar? Dimana tingginya bisa mencapai 3 meter dan beratnya dapat mencapai sekitar 800 kilogram.

3. Kaki unta
Sebagai pengetahuan, bahwa unta memiliki kaki panjang yang otot-ototnya kuat. Dengan begitu, hewan ini bisa membawa barang bawaan yang perjalanan atau jarak tempuhnya lumayan panjang. Selain itu pada telapak kakinya, unta memiliki bantalan lebar, rata, dan juga terdapat kulit. Hal itu digunakan agar ia bisa bertahan untuk melakukan perjalanan di daerah padang pasir.

4. Bulu mata
Sebagai ciri khusus yang keempat, bulu mata yang dimiliki oleh unta ini adalah panjang dengan terdri dari dua lapis kelopak. Bulu mata seperti itu memiliki fungsi untuk melindungi matanya dari debu yang ada.

Persebaran Hewan Unta
Jika dilihat berdasarkan punuknya, unta berpunuk satu hidupnya adalah di Arab serta di sebagian daerah atau wilayah Afrika. Sementara itu, unta yang berpunuk dua persebarannya adalah di daerah Asia Tengah.
Unta Arab di afrika utara, memiliki peranan penting bagi sebagian negara, misalnya saja adalah di negara Somalia dan Ethiopia. Dimana di wilayah itu unta dimanfaatkan untuk diambil susunya. Sementara itu, unta baktrian yang hidup dikawasan Gurun Gobi di Tiongkok, Mongolia, dan juga Australia. Namun, untuk unta baktrian ini jumlahnya mengalami penurunan karena beberapa hal yakni dianggal penyebab terjadinya ‘global warming’ dan dianggap pula sebagai penyumbang terhadap gas rumah kaca.

Manfaat Unta Bagi Kehidupan Manusia
Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia di beberapa daerah seringkali memanfaatkan hewan unta. Adapun manfaat dari hewan unta bagi kehidupan manusia yakni :
1. Susu
Apakah Anda suka minum susu? Sudah pasti enak kan rasa yang terdapat dalam susu itu. Nah, begitu pula dengan susu yang diperoleh dari hewan unta kandungan gizi atau nutrisinya bisa lebih tinggi daripada susu yang diperah dari hewan sapi.

2. Daging
Sebagaimana hewan yang lain, hewan unta juga bisa dinikmati dagingnya. Dimana, daging yang terdapat pada unta katanya sangat lezat dan juga mempunyai kandungan gizi dan lemak yang bagus, serta tidak mengandung kolesterol.

3. Sebagai hewan pengangkut atau pekerja
Selain bisa dimanfaatkan susu dan dagingnya, ternyata hewan unta juga seringkali digunakan sebaga hewan pekerja yang digunakan untuk mengangkut orang ataupun barang bawaan.

Itulah pengetahuan tentang Hewan Unta dan Penjelasannya. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment