Blog Seorang Guru SD Untuk Berbagi Secara Online

Hewan Nokturnal, Aktif di Malam Hari

Sebelumnya, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan nokturnal? Hewan apa saja yang termasuk dalam jenis hewan nokturnal? Pada dasarnya keaktifan hewan dalam kehidupannya ada yang aktif pada siang hari dan ada yang aktif di malam hari. Nah, hewan yang aktif di malam hari disebut sebagai hewan nokturnal.
Hewan nokturnal adalah hewan yang mencari makan dan aktivitas utamanya dilakukan pada malam hari. Artinya, ia banyak melakukan kegiatan seperti mencari makan atau sebagainya pada malam hari. Contoh hewan nokturnal adalah kelelawar dan burung hantu.
 
Hewan Nokturnal, Aktif di Malam Hari
Contoh Hewan Nokturnal : Kelelawar dan Burung hantu

Kelelawar
Kelelawar adalah salah satu hewan atau binatang yang bisa terbang. Dalam mengetahui jarak dan menganalisa terhadap benda-benda di sekitarnya, kelelawar memanfaatkan bunyi pantul. Dimana, bunyi itu akan dipantulkan pada benda yang ada di sekitarnya seperti batu, cabang pada pohon, atau yang lainnya yang kemudian gemanya akan didengar oleh hewan kelelawar tersebut. Kemampuan itu disebut sebagai sistem sonar (ekolokasi). Perlu diketahui, bahwa pada siang hari kelelawar itu tidur dan aktif untuk mencari makan di malam hari. Sehingga, hewan kelelawar tergolong pada jenis hewan nokturnal.

Burung Hantu
Apakah kalian pernah mendengar suara burung hantu di malam hari? Dan apakah kalian juga pernah melihat burung hantu di siang hari? Ya, jika pada siang hari hewan burung hantu ini tampak hanya diam saja dan tidak banyak melakukan aktivitasnya. Dan ia beraktivitas di malam hari seperti halnya kelelawar. Sehingga, burung hantu ini tergolong pada hewan nokturnal. Seringkali, ketika burung hantu ini bersuara pada hari akan membuat sangat menyeramkan bagi orang yang penakut. Tentunya, takut karena namanya juga burung hantu. Tapi, bagi orang yang berani, mungkin saja suaranya itu tidak membuatnya menjadi gemetaran.

Sebenarnya, selain kelelawar dan juga burung hantu yang termasuk dalam golongan hewan nokturnal. Masih banyak hewan yang lainnya seperti tikus, lipan, dan musang. Adapun lebih jelasnya silahkan baca penjelasan di bawah ini.

1. Tikus
Hewan ketiga yang termasuk dalam hewan nokturnal pastinya sudah tak asing lagi bagi kita karena menyebalkan dan menjijikkan. Ya, hewan itu adalah tikus. Dimana, tikus ini seringkali merusak dan termasuk hewan yang menjadi hama. Bagi seorang petani misalnya, ketika petani itu menyimpan padi di gudang dan disana ada hewan tikus pastinya karung-karung padi pun akan menjadi bolong karena ulahnya. Memang sangat menjengkelkan si tikus ini, dank arena aktifnya di malam hari maka sulit untuk menangkapnya. Namun, tak sedikit pula yang menggunakan racun tikus dan alat penangkap tikus untuk mencegah hewan ini beraksi.

2. Lipan
Lipan merupakan hewan yang dikenal juga sebagai kelabang. Dimana, hewan ini memiliki bisa atau racun dan termasuk dalam golongan hewan nokturnal. Kelabang merupakan hewan metameric yang mempunyai sepasang kaki pada setiap ruas tubuhnya dan kelabang juga termasuk golongan arthopoda dari kelas upafilum Myriapoda dan Chilopoda.

3. Musang
Musang adalah hewan mamalia nokturnal yang suka memangsa dan mempunyai kemampuan untuk memanjat dengan baik. Jenis musang mun sangat beragam yakni Musang luwak, Musang air, Musang rase, Musang galling, Musang akar, Binturung,Tenggalung, serta Linsang. Dimana ada jenis musang yang seringkali membuat jengkel warga di daerah yakni musang yang suka menangkap dan memangsa ayam peliharaan.

4. Kiwi
Kiwi merupakan spesies lain dari burung yang tidak dapat terbang. Hewan Kiwi ini merupakan hewan yang dinobatkan sebagai ikonnya negara Selandia Baru.

Itulah pengetahuan tentang hewan nokturnal yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment