Blog Seorang Guru SD Untuk Berbagi Secara Online

Mengenal Hewan Cecak (Cicak) dan Penjelasannya

Pengetahuan hewan cecak atau cicak yang akan dibahas pada artikel ini adalah tentang ciri khusus cecak, jenis cecak, dan kemampuan atau daya regenerasi pada cecak. Tak sulit bagi kita untuk menemukan jenis hwan yang satu ini. Pasalnya, cecak seringkali ada pada setiap rumah yag kita tempati. Dengan berjalan dan menempel di dinding atau atap rumah.
Apabila kita memiliki anak yang masih kecil atau balita, pastinya cecak juga dijadikan sebagai andalan untuk menarik perhatian si anak. bahkan, ketika kita Tanya pada anak di mana cecak, pastinya si anak pun akan menengok ke dinding atau atap rumah. Perlu diketahui, bahwa cecak bisa menempel di dinding merupakan salah satu ciri khusus yang dimilikinya.

Mengenal Hewan Cecak (Cicak) dan Penjelasannya

Ciri khusus cecak
1. Menempel di dinding tanpa terpeleset
Sebagai mana yang telah disinggung di atas, bahwa cecak bisa menempel dan merayap di dinding tanpa terpeleset. Hal itu karena pada telapak kaki cecak dilengkapi dengan sistem perekat. Melalui sistem inilah dengan telapak kakinya yag juga beralur parallel menjadikan dirinya bisa menempelkn kaki pada dinding dan berjalan dengan leluasa tanpa harus terpeleset dan jatuh.

2. Memutuskan ekor
Sebagaimana yang seringkali kita temukan, bahwa ekor cecak bisa terlepas dari tubuhnya. Sebenarnya, ekornya dilepas adalah dengan kesengajaan yakni untuk mengelabui musuh yang akan mengganggungnya. Kemampuan cecak tersebut yang bisa memutuskan ekor atau salah satu bagian tubuhnya disebut sebagai kemampuan ‘autotomi’.

3. Lidah panjang dan lengket
Pernahkah Andah sekali-kali perhatikan lidah pada cecak? Pada saat cecak tengah menangkap mangsanya, maka lidahnya akan keluar dan ukurannya juga panjang dan lidahnya pun lengket. Hal itu tentunya, mempermudah baginya dalam menangkap seperti halnya serangga yang sedang terbang.

4. Bantalan penghisap pada kakinya
Adakah dari Anda yang kebetulan melihat seekor cecak yang sudah mati namun masih bisa menempel di dinding tanpa terjatuh? Hal itu terjadi, karena cecak memiliki bantalan penghisap yang terdapat pada kakinya.

5. Tubuh cecak
Tubuh seekor cecak, kira-kira panjangnya sekitar 7,5 hingga 15 sentimeter. Dengan jarinya yang lebar dan memiliki strukturnya yang empuk dan ekornya tampak mengkilat. Selain itu pula, apabila dperhatikan lebih dekat bahwa jidat yang dimiliki oleh hewan cecak itu adalah cekung.

Jenis Cecak
Hewan cecak memang memiliki beberapa jenisnya. Dalam hal ini, seperti yang seringkali ditemukan di sekitar rumah bahwa setidaknya terdapat 3 jenis cecak yang dapat ditemukan, yakni:

Cecak ada banyak jenisnya. Di lingkungan rumah kita saja ada sekitar tiga jenis (spesies) yang sering ditemui, yakni :
1. Cecak kayu
Cecak kayu dengan nama latinnya ‘Hemidactylus frenatus’ merupakan seekor cecak yang memiliki tubuh lebih kurus. Biasanya, cecak jenis kayu ini lebih menyukai berada di pepohonan atau di bagian rumah yang terbuat dari kayu, seperti atap rumah.

2. Cecak tembok
Cecak tembok dengan nama latinnya ‘Cosymbotus platyurus’ merupakan seekor cecak yang seringkali kita temui pada tembok rumah di sela-sela atapnya. Untuk ukuran tubuhnya sendiri, cecak tembok ini memiliki tubuh yang pipih dan lebar, serta ekornya pun lebar.

3. Cecak gula
Cecak gula dengan nama latinnya ‘Gehyra mutilata’ merupakan seekor cecak yang memiliki tubuh lebih kecil dengan kepalanya yang membulat dengan warna kulitnya terlihat transfaran. Jenis cecak ini, seringkali kita jumpai di daerah tempat masak atau dapur karena kesukaannya adalah butiran nasi atau juga gula.

Daya Regenerasi
Sebagaimana yang telah dibahas di atas, bahwa cecak mampu memutuskan ekornya atau disebut dengan autotomi. Dimana, cecak pun akan berusaha untuk menumbuhkan kembali ekornya yang telah terputus. Kemampuan cecak tersebut namanya adalah daya regenerasi.

Demikian pengetahuan tentang hewan cecak atau cicak. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment