Blog Seorang Guru SD Untuk Berbagi Secara Online

Mengenal Hewan Bunglon dan Penjelasannya

Pengetahuan tentang hewan bunglon yang akan dijelaskan disini adalah berkaitan dengan ciri-ciri khusus bunglon, jenis bunglon, dan makanan bunglon. Hewan bunglon yang dalam Bahasa Sunda disebutnya sebagai ‘Londok’ merupakan hewan sejenis kadal yang memiliki suatu kemampuan unik, yakni dapat merubah warna kulitnya. Seringkali kita menemukan hewan bunglon ini di semak-semak dan pepohonan yang terdapat di pekarangan rumah atau juga di kebun. Bukan hanya itu saja, terkadang kita pun menemukan salah satu bunglon yang terjatuh pada saat sedang mengejar mangsanya. Namun, seringkali ketika terjatuh maka ia pun langsung berlari ke pohon-pohon yang ada di dekatnya.

Mengenal Hewan Bunglon dan Penjelasannya


Ciri Khusus Bunglon
1. Memiliki kemampuan mimikri
Apakah Anda pernah melihat bunglon? Jika iya, pastinya Anda akan melihat bahwa bunglon dapat merubah warna kulitnya. Kemampuan itu disebutnya sebagai kemampuan mimikri. Secara sederhana, pengertian mimikri adalah kemampuan untuk mengubah warna tubuhnya. Dengan tujuannya adalah untuk melindungi diri apabila terkena serangan yang mengancam dirinya dari musuhnya. Biasanya, bunglon itu berubah dari warna cerah seperti warna kuning, warna hijau, atau juga abu-abu terang menjadi suatu warna lebih gelap seperti kehitaman atau kecoklatan.

2. Mata Bunglon
Tahukah Anda, jika sebenarnya mata bunglon itu bisa berputar dan dengan begitu ia bisa melihat sekitarnya dari berbagai arah. Atau bisa dikatakan jika mata bunglon dapat meliht ke segla arah.

3. Mempunyai lidah yang panjang dan lengket
Lidah yang dimiliki oleh bunglon ukurannya panjang dan juga lengket. Fungsi lidah seperti itu digunakannya untuk menangkap mangsa yang ada di sekitarnya.

4. Ekor bunglon
Ekor yang dimiliki oleh bunglon bisa menggulung. Tentunya dengan ekor yang bisa menggulung tersebut, ia gunakan untuk bisa bergantung di pohon yang sedang ia tempati.

5. Kaki bunglon
Untuk ciri khusus yang kelima, yakni pada kakinya. Dimana, kaki bunglon dapat bisa mencengkeram dengan kuat seperti halnya tangan.

Jenis Bunglon
Para pembaca yang berbahagia, beberpa jenis bunglon yang akan disajikan pada artikel kali ini adalah tenteng jenis bunglon yang ada di Indonesia. Dimana, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), Amir Hamidy yang bekerjasama dengan Universitas Brawijaya, Boward Collage, dan juga Universitas Texas, telah menemukan sebanyak tiga jenis bunglon yang di Indonesia yakni 1. Pseudocalotes lineatus, yang di bagian lehernya mempunyai garis yang putus-putus dengan warnanya kebiruan. 2. Pseudocalotes cybelidermus, yang mempunyai gelambir dengan warna ungu yang terdapat pada lehernya. 3. Pseudocalotes rhammanotus, yakni jenis bunglon yang keunikan dan keistimewaanya sama seperti halnya bunglon yang terdapat di daerah Sumatera yaitu pada bagian ternggorokan memiliki warna yang hitam dan juga lidahnya yang berwarna putih.

Makanan Bunglon
Untuk mempertahankan hidupnya, maka bunglon juga membutuhkan makanan. Makanan bunglon adalah serangga. Dimana, serangga yang dimakan biasanya berukuran kecil seperti belalang, kecoa, kupu-kupu, capung, jangkrik, lalat dan lainnya. Nah, ada yang unik ketika bunglon ini sedang mencari dan menangkap mangsanya, yakni ia menggunakan lidahnya yang panjang dan lengket tersebut. Dimana, lidahnya itu bisa bergerak dengan cepat dan katanya bisa lebih cepat daripada pesawat jet, yakni sekitar 400 meter per detik. Dengan kecepatan ini, pastinya kita sebagai manusia, mata kita tak akan bisa melihat kecepatan tersebut dengan baik. Dan bahkan, akan sulit untuk melihatnya.

Itulah Pengetahuan tentang Hewan Bunglon dan Penjelasannya. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment