Blog Seorang Guru SD Untuk Berbagi Secara Online

Fungsi Bagian-bagian Bunga pada Tumbuhan

Sebelum kita mempelajari bagian-bagian bunga dan fungsinya, alangkah baiknya kita singgung dulu pengertian dari bunga itu sendiri. Berdasarkan pengetahuan yang dikutip dari Wikipedia, bunga atau dikenal juga kembang diartikan sebagai alat reproduksi s3ksual tumbuhan, dimana organnya adalah benang sari dan juga putik.
Berbicara tentang bunga, pastinya bagi kita sudah tak asing lagi. Pasalnya, bunga pada tumbuhan itu sangat menarik. Sehingga, banyak orang-orang yang menyukai bunga karena keindahannya. Biasanya, tumbuhan yang berbunga seringkali diletakkan atau sengaja ditanam di tempat-tempat yang sejuk dan nyaman. Katakanlah sebuah taman, baik taman yang berada di pedesaan maupun juga perkotaan.
Dengan adanya tumbuhan berbunga, bisa dipastikan orang yang berkunjung lokasi tersebut akan merasa betah dan ingin berlama-lama disana. Bahkan tak sedikit juga yang ingin mengabadikan dirinya atau momen dirinya dengan berfoto di tempat yang ada bunganya tersebut.
Diakui atau tidak, bahwa kita sebagai manusia hampir semuanya tertarik dan terpikat dengan yang namanya bunga, apalagi jiga bunganya memiliki warna yang beragam (warna warni). Bahkan, dengan bunganya yang sangat menarik dan memikat tak sedikit pula yang rela untuk menyisihkan sebagian uangnya untuk membeli tumbuhan tersebut dan menyimpannya di halaman rumah. Sehingga, ketika ada yang berkunjung ke rumahnya. Para tamu pun akan merasakan kenyamanan.
Sebagai pengetahuan, bahwa bunga terlihat menarik dengan warnanya yang cera ataupun bunga yang dapat menghasilkan panas dan juga aroma yang khas, itu juga tentu saja itu memiliki manfaat bagi tumbuhan itu sendiri. Manfaatnya tiada lain adalah untuk menarik dan memikat perhatian para hewan yang bisa membantu penyerbukan seperti halnya serangga.
Nah, selanjutnya kita langsung saja pada bahasan intinya yakni membahas tentang fungsi bagian-bagian bunga. Adapun penjelasannya silahkan Anda simak di bawah ini.

Fungsi Bagian-bagian Bunga pada Tumbuhan

Bagian-bagian bunga dan fungsinya
1. Tangkai bunga
Tangkai bunga merupakan bagian pada bunga yang letaknya terdapat di bagian bawah bunga dan sebagai pendukung yang terakhir dari cabang bunga tersebut. Tangkai bunga ini fungsinya adalah sebagai untuk menghubungkan antara bunga dengan batang. Selain itu, fungsi lain dari tangkai bunga adalah sebagai penopang bunga.

2. Dasar bunga
Dasar bunga merupakan bagian yang terletak pada ujung bunga guna melekatkan dan juga bertumpunya sang mahkota bunga. Dasar bunga ini fungsinya adalah sebagai tempat bertumpunya atau juga letak dari mahkota bunga.

3. Daun pelindung
Daun pelindung ini merupakan daun yang  pada ketiaknya itu ditumbuhi dengan bunga. Dimana daun pelindung ini juga sebagai daun yang terakhir.

4. Daun tangkai
Daun tangkai merupakan daun yang terletak di pangkal tangkai bunga. Dimana, fungsi dari daun tangkai ini adalah sebagai pelindung.

5. Kelopak bunga
Kelopak bunga merupakan bagian pada bunga yang fungsinya adalah untuk melindungi dan juga menyelimuti mahkota bunga ketika bunga itu masih kuncup yang kemudian akan terbuka apabila mahkotanya mekar.

6. Mahkota bunga
Mahkota bunga merupkan bagian bunga yang sangat indah dan memiliki beragam warna. Dimana, mahkota bunga ini seringkali disebut sebagai perhiasan bunga. Sehingga, keindahan bunga ditentukan oleh bentuk dan juga warna dari mahkotanya. Dengan daya tariknya ini, hewan pembantu penyerbukan pun akan menghampirinya.

7. Benang sari
Benang sari merupakan alat kelamin jantan pada tumbuhan yang fungsinya adalah sebagai alat perkembangbiakan.

8. Putik
Jika benang sari sebagai alat kelamin jantan, maka putik ini sebagai alat kelamin betina yang fungsinya juga sama yakni sebagai alat untuk perkembangbiakan.

Itulah pengetahuan tentang Fungsi Bagian Bunga. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment