Blog Seorang Guru SD Untuk Berbagi Secara Online

Contoh Hewan Omnivora Lengkap dengan Penjelasannya

Sebelum kita lanjut pada pembahasan contoh hewan omnivora, terlebih dahulu kita pahami dulu apa sih yang disebut atau pengertian dari hewan omnivora itu sendiri. Hewan omnivora adalah hewan yang memakan daging dan juga tumbuhan. Seringkali hewan omnivora ini dikenal sebagai hewan yang memakan segala.
Karena memakan segala, tentunya hewan yang termasuk dalam hewan omnivora ini memeiliki ciri-ciri, yakni perkembangbiakannya dengan cara bertelur atau ovivar, memiliki kaki yang jumlahnya dua, dan suka mengerami telurnya. Selain itu, ciri lain dari hewan omnivora ini adalah memiliki gigi seri yang tajam, dimana gigi seperti ini digunakan untuk memotong dan juga menggigit makanannya. Sementara itu, gigi gerahamnya rapat yang digunakan untuk mengunyah terhadap makanan telah didapatkannya. Bukan hanya itu saja, secara umum ciri lainnya untuk hewan omnivora ini juga adalah memiliki sistem pencernaan lebih rumit dibandingkan dengan hewan herbivora (pemakan tumbuhan) dan juga karnivora (pemakan daging).
Tak sedikit dari hewan yang memakan tumbuhan dan juga daging atau yang dikenal dengan sebutan hewan omnivora ini yang seringkali kita jumpai ataupun hanya sekedar mengetahuinya, seperti burung, itik, angsa, ayam, babi, dan sebagainya. Namun, yang akan dibahas pada artikel disini tidaklah semuanya, hanya beberapa contoh saja yakni babi, ayam, bebek, monyet, dan tikus.

Contoh Hewan Omnivora Lengkap dengan Penjelasannya

1. Babi
Apakah Anda pernah melihat seekor babi, baik di dalam majalah, tayangan televisi, atau juga di sekitar tempat tinggal Anda? Pernahkah Anda juga melihat seekor babi yang sedang makan? Sebagai pengetahuan, bahwa babi merupakan hewan yang asli asalnya atau berasal dari Eurasia dan sejenis hewan ungulata yang memiliki moncongnya yang panjang dan juga memiliki hidung yang lemper. Hewan babi ini termasuk dalam golongan hewan omnivora karena makanannya yang dikonsumsinya adalah daging dan juga tumbuhan.

2. Ayam
Dengan hewan yang satu ini pasti sudah tak asing lagi bagi semuanya. Bahkan tak dimungkiri jika Anda pun merupakan penikmat yang suka makan daging ayam, baik daging ayam yang dihidangkan di tempat makan lesehan, restoran terkenal, maupun di rumah Anda sendiri. Selain dagingnya yang bisa dinikmati, tentunya telur daging pun yang tak kalah lezatnya. Namun, tahukah Anda jika ayam ini termasuk dalam hewan omnivora, karena makanannya berasal dari daging hewan lainnya maupun juga tumbuhan. Biasanya, makanan yang berasal dari tumbuhan adalah berupa biji-bijian dan makanan dagingnya misalnya adalah serangga.

3. Bebek
Bebek merupakan hewan yang dikenal memiliki bulunya yang mudah kering ketika sehabis berenang di air karena ia memiliki bulu yang berlapis minyak. Tahukah Anda jika sebenarnya bebek ini termasuk dalam hewan omnivora karena ia memakanan makanan berupa biji dari tumbuhan seperti biji padi, dan juga memakang keong maupun serangga.

4. Monyet
Di lingkungan sekitar, hewan monyet juga sangat mudah untuk dijumpai. Misalnya, di pinggir lampu lalu lintas di jalan raya perkotaan, ketika lampu berwarna merah seringkali kita melihat sebuah pertunjukkan seekor monyet yang lucu. Nah, untuk monyet juga termasuk sebagai hewan omnivora memakan memakan buah-buahan dan juga serangga.

5. Tikus
Untuk contoh hewan omnivora yang terakhir akan dibahas dalam artikel ini adalah tikus. Makanan tikus juga beragam yakni padi dan kelapa, selain itu ia juga memakan daging dari hewan yang dimangsanya seperti ikan asin dan serangga.

Itulah pengetahuan tentang Contoh Hewan Omnivora Lengkap dengan Penjelasannya. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment