Blog Seorang Guru SD Untuk Berbagi Secara Online

Contoh Hewan (Binatang) Karnivora dan Penjelasannya

Sudah tahukah Anda apa yang dimaksud dengan hewan karnivora? Apa saja sih contoh hewan yang termasuk dalam karnivora? Secara sederhana, hewan karnivora adalah hewan pemakan daging. Biasanya, hewan karnivora memiliki ciri khusus yakni giginya yang tajam.
Contoh hewan karnivora yang akan dijelaskan kali ini adalah harimau, serigala, elang, buaya, dan ikan hiu. Karena pada dasarnya banyak sekali jenis hewan lainnya yang termasuk dalam hewan karnivora seperti singa, anjing, beruang hitam, cheetah, kucing, beruang kutub, beruang coklat, dan lain-lain.

Contoh Hewan (Binatang) Karnivora dan Penjelasannya

1. Harimau
Contoh hewan karnivora pertama yang akan dijelaskan adalah harimau. Harimau dengan nama latinnya “Panthera tigris” merupakan hewan buas pemakan daging, dengan hewan yang dimangsa untuk dimakan dagingnya seperti kancil, babi, rusa, dan lainnya. Harimau termasuk sebagai hewan mamalia yang mempunyai darah panas dan berbulu dengan kelenjar susu.
Perlu diketahui, bahwa harimau merupakan kucing yang berlari dengan cepat setelah citah. Namun, tentunya berbeda dengan kucing yang sebagai keluarganya karena harimau suka berenang sementara kucing takut dengan air. Selain itu, harimau juga dikenal sebagai kucing yang paling besar dengan ukuran harimau jantan mempunyai berat badan sekitar 180 hingga 320 kilogram. Sementara untuk harimau betina beratnya sekitar 120 hingga 180 kilogram. Untuk tinggi badannya sendiri, harimau jantan sekitar 2,6 meter hingga 3,3 meter dan betina sekitar 2,3 meter hingga 2,75 meter.

2. Serigala
Serigala atau serigala abu-abu dengan bahasa latinnya “Canis lupus” merupakan binatang mamalia yang termasuk karnivora. Secara umumnya, hewan serigala itu memiliki tinggi badannya antara 26-32 inci atau setara 60-80 sentimeter. Dengan berat badannya antara 23 hingga 59 kilogram.

3. Elang
Elang dengan nama laitinnya “Nisaetus bartelsi”, termasuk ke dalam jenis burung berdarah panas yang bisa terbang. Dimana, elang memiliki sayap dan tubuhnya deselubungi oleh bulu pelepas. Untuk cara perkembangbiakan atau memperbanyak keturunannya, elang tergolong hewan ovivar yakni hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur.
Perlu diketahui, bahwa elang merupakan hewan karnivora atau pemakan daging dengan mangsanya adalah hewan mamalia yang berukuran kecil seperti tikus, ayam, ikan, dan kadal. Hewan ini memiliki pasangan kaki yang kuat dan dilengkapi dengan kuku tajam serta melengkung. Tujuannya adalah untuk mencengkeram mangsa. Selain itu, elang juga termasuk hewan yang memiliki sistem pernapasan dengan baik, sehingga ia bisa mempunyai bekal oksigen yang digunakan ketika dirinya sedang terbang.

4. Buaya
Buaya dengan nama latinnya adalah “Crocodylus sp” merupakan hewan reptil yang hidup di air dan memiliki tubuh yang besar. Pada umumnya, habitat buaya adalah perairan tawar, smisalnya danau, sungai, rawa, dan juga ada buaya yakni buaya muara yang hidup di air payau. Untuk makananya sendiri, buaya memakan makanan hewan-hewan yang memiliki tulang belakang yakni bangsa ikan, reptil, dan mamalia.
Perlu diketahui, bahwa buaya dikenal dengan sebutan ‘crocodile’ (bahasa inggris). Nama tersebut awal mulanya dari penyebutan orang-orang Yunani pada buaya, karena mereka itu menyaksikan buaya di Sungai Nil.

5. Ikan Hiu
Pernahkah kalian melihat ikan hiu ketika sedang bermain ke pantai? Ikan hiu dengan nama latinnya “Selachimorpha sp.” Merupakan hewan karnivora yang termasuk sebagai hewan pemangsa yang ganas di perairan. Ikan hiu ini memiliki gigi yang tajam dengangerakannya yang tenang. Tujuannya adalah untuk memudahkan dalam menangkap mangsanya.

Itulah pengetahuan tentang contoh hewan karnivora dan penjelasannya. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment