Blog Seorang Guru SD Untuk Berbagi Secara Online

Contoh Hewan Herbivora Pemakan Dedaunan

Binatang Herbivora Pemakan Dedauan : Di lingkungan sekitar, seringkali kita menemukan binatang atau hewan yang memakan dedaunan tumbuhan. Hewan pemakan tumbuhan itu disebutnya adalah hewan herbivora. Pada dasarnya, hewan herbivora dibagi menjadi beberapa golongan yakni golongan pertama adalah pemakan dedaunan seperti domba, kerbau, sapi, kuda, dan gajah. Golongan kedua adalah pemakan biji-bijian seperti tupai, merpati, burung pipit, dan kenari. Sementara golongan yang ketiga adalah pemakan buah seperti ulat buah, burung beo, dan jalak.
Contoh hewan herbivora yang akan dijelaskan pada saat ini adalah hewan herbivora pemakan dedaunan yakni 1. domba, 2. sapi, 3. kerbau, 4. kuda, dan 5. gajah.

Contoh Hewan Herbivora Pemakan Dedaunan

1. Domba
Pernahkah kalian memerhatikan seekor domba yang sedang makan? Apa yang domba makan tersebut? Domba, adalah hewan ternak yang makanannya adalah tumbuhan seperti rerumputan, daun pohon nangka, daun singkong, dan lainnya. Hewan domba banyak sekali diternak di pedesaan, karena di desa masih banyak tumbuhan segar untuk makanannya.
Perlu diketahui, bahwa domba bermanfaat bagi kehidupan manusia yakni untuk memenuhi kehidupannya. Apa saja bagian domba yang bisa dimanfaatkan? Pada dasarnya, bagian domba yang bisa dimanfaatkan adalah daging dan kulitnya. Dagingnya untuk makanan, ada yang masaknya secara disate, disayur, atau masakan lainnya sesuai dengan selera sendiri. Selain itu, kulitnya bisa digunakan untuk bahan pembuatan bedug atau dulag, untuk bahan pembuatan jaket kulit, bahan pembuatan tas dan sepatu kulit, dan yang lainnya.
Bukan hanya itu saja, hewan domba juga digunakan oleh manusia untuk syukuran seperti aqiqah, dimana jumlah untuk anak perempuan adalah 1 ekor dan laki-laki 2 ekor. Selain itu, domba juga digunakan untuk menjalankan ritual keagamaan lainnya yakni menjalankan ibadah kurban, selain sapi.

2. Sapi
Sama halnya domba, sapi juga sebagai hewan ternak yang banyak sekali dimanfaatkan oleh manusia untuk mmenuhi kebutuhan hidupnya. Bagian sapi yang dimanfaat dari yakni susu, kulit, dan dagingnya. Memeliharanya pun tidaklah sulit, apalagi jika dilakukan di pedesaan karena hewan sapi cukup dikeluarkan dari kandangnya dan biarkan sapi memakan rumput yang tersedia di alam. Namun, agar tidak merusak pada kebun milik tetangga maka kita bisa mengikatnya pada batang pohon yang ada.

3. Kerbau
Tentu kita masih ingat, jika kerbau oleh orang zaman dahulu digunakan untuk membajak sawah, sebelum ada traktor. Meskipun demikian, tak bisa dimungkiri jika masih ada sebagian petani yang mengunakan kerbau untuk membajak sawah. Hewan kerbau termasuk dalam hewan herbivora atau pemakan tumbuhan.

4. Kuda
Apakah Anda pernah naik kuda? Apakah Anda juga pernah naik kendaraan delman? Ya, sebagaimana yang kita ketahui juga bahwa kuda termasuk hewan pemakan tumbuhan atau hewan herbivora. Banyak sekali yang bisa dirasakan oleh manusia karena mendapatkan manfaat dari hewan kuda tersebut.

5. Gajah
Hewan terakhir yang termasuk dalam hewan herbivora yang akan dijelaskan adalah gajah. Gajah merupakan hewan yang memiliki belalai, dimana belalainya digunakan untuk mencari makan. Selain itu, gajah juga memiliki telingan yang ukurannya sangat besar, serta memiliki kulit yang tebal dan berkerut. Perlu diketahui, bahwa daun telingan yang besar itu bisa digunakan untuk mengusir hewan-hewan kecil yang tengah mengganggunya yakni dengan cara dikibas-kibaskannya. Sementara itu, kulit berkerut bermanfaat baginya dalam memperluas permukaan tubuh sehingga mudah menghilangkn panas tubuh.
Itulah pengetahuan tentang contoh hewan pemakan tumbuhan atau herbivora pada golongan dedaunan. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment