Blog Seorang Guru SD Untuk Berbagi Secara Online

Cara Pembulatan ke Puluhan, Ratusan, dan Ribuan Terdekat

Dalam melakukan pembulatan bilangan ke puluhan, ratusan, dan ribuan terdekat, kita harus memerhatikan hal yang menjadi kata kuncinya. Adapun hal yang meski kamu perhatikan agar dalam menjawab soal yang berhubungan dengan pembulatan bisa benar adalah sebagai berikut.

Cara Pembulatan ke Puluhan, Ratusan, dan Ribuan Terdekat

Pembulatan ke puluhan terdekat
Kata kunci untuk mengerjakan pembulatan ke puluhan terdekat yakni apabila angka satuannya kurang dari 5, maka angka satuannya itu dihilangkan dan diubah menjadi 0.
Contoh :
1. Hasil pembulatan ke puluhan terdekat dari 63 adalah …
Pembahasan :
Pada angka 63, nilai satuannya (3) kurang dari 5, maka angka satuannya berubah menjadi 0. Sehingga, 63 jika dibulatkan pada puluhan terdekat hasilnya adalah 60.

Sementara jika angka satuannya lebih dari atau sama dengan 5, maka angka satuannya diubah menjadi 0 dan angka puluhannya ditambah 1.
Contoh :
1. Hasil pembulatan ke puluhan terdekat dari 68 adalah …
Pembahasan :
Pada angka 68, nilai satuannya (8) lebih dari 5 maka nilai satuan diubah menjadi 0 dan angka puluhannya (6) ditambah 1. 6 + 1 = 7, sehinggan 68 dibulatkan dalam puluhan terdekat menjadi 70.

2. Hasil pembulatan ke puluhan terdekat dari 45 adalah …
Pembahasan :
Pada angka 45, nilai satuannya (5) sama dengan 5 maka satuannya diubah menjadi 0 dan angka puluhannya (4) ditambah 1. 4 + 1 = 5, sehingga 45 dibulatkan dalam puluhan terdekat menjadi 50.

Pembulatan ke ratusan terdekat
Jika pada pembulatan ke puluhan terdekat yang dilihatnya adalah angka satuan, tapi pada pembulatan ke ratusan terdekat yang diperhatikannya adalah angka puluhannya.
Jadi, yang menjadi kata kuncinya adalah angka puluhan. Jika angka puluhannya kurang dari 5, maka puluhan dan satuannya diubah menjadi 0 dan angka ratusannya tetap.
Contoh :
1. Hasil pembulatan ke ratusan terdekat dari 248 adalah …
Pembahasan :
Pada angka 248, angka puluhannya (4) kurang dari 5 sehingga angka ratusannya tetap dan puluhan juga satuannya diubah jadi 0. Jadi, 248 dibulatkan pada ratusan terdekat hasilnya adalah 200.

Sementara jika angka puluhannya lebih dari atau sama dengan 5, maka angka ratusannya ditambah 1 dan puluhan juga satuannya diubah jadi 0.
Contoh :
1. Hasil pembulatan ke ratusan terdekat dari 356 adalah …
Pembahasan :
Pada angka 356, angka puluhannya (5) sama dengan 5 maka angka ratusannya (3) ditambah 1 dan puluhan juga satuannya diubah jadi 0. Jadi, 356 dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi 400.

2. Hasil pembulatan ke ratusan terdekat dari 689 adalah …
Pembahasan :
Pada angka 689, angka puluhannya (8) lebih besar dari 5 maka angka ratusannya ditambah 1 dan puluhan juga satuannya diubah jadi 0. Jadi, 689 dibulatkan ke ratusan terdekat menjadi 700.

Pembulatan ke ribuan terdekat
Untuk melakukan pembulatan ke ribuan terdekat, hal yang perlu diperhatikannya adalah angka ratusannya.
Contoh :
1. Hasil pembulatan ke ribuan terdekat dari 2.345 adalah …
Pembahasan :
Pada angka 2.345, angka ratusannya (3) kurang dari 5 sehingga angka ribuannya (2) tetap sementara untuk angka ratusan, puluhan, dan satuannya diubah jadi 0. Dengan begitu, 2.345 dibulatkan pada ribuan terdekat menjadi 2.000.

2. Hasil pembulatan ke ribuan terdekat dari 5.545 adalah …
Pembahasan :
Pada soal nomor 2 ini, angka ratusannya (5) sama dengan 5 sehingga angka ribuannya (5) ditambah 1 sementara untuk angka ratusan, puluhan, dan satuannya diubah jadi 0. Dengan begitu, 5.545 dibulatkan pada ribuan terdekat menjadi 6.000.

3. Hasil pembulatan ke ribuan terdekat dari 4.759 adalah …
Pembahasan :
Pada soal nomor 3, angka ratusannya (7) lebih dari 5 sehingga angka ribuannya (4) ditambah 1 sementara untuk angka ratusan, puluhan, dan satuannya diubah jadi 0. Dengan begitu, 4.759 dibulatkan pada ribuan terdekat menjadi 5.000.

Kesimpulan :
Kata kunci untuk pembulatan ke puluhan terdekat yakni lihat angka satuannya apakah kurang dari 5, sama dengan 5, atau lebih dari 5. Sementara untuk pembulatan ratusan terdekatan perhatikan angka puluhannya, serta untuk pembulatan ke ribuan terdekat perhatikan angka ratusannya.

Itulah pengetahuan tentang Cara Pembulatan ke Puluhan, Ratusan, dan Ribuan Terdekat. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment