Blog Seorang Guru SD Untuk Berbagi Secara Online

Mengenal Hewan Bebek dan Penjelasannnya

Pengetahuan tentang Hewan Bebek yang akan dijelaskan disini adalah ciri-ciri khusus bebek beserta fungsinya, cara perkembangbiakan bebek, dan makanan bebek. Pada dasarnya bebek merupakan salah satu hewan jenis unggas yang bermanfaat bagi kehidupan manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Hewan bebek, biasanya mencari makan dan berenang pada air tawar dan hidupnya di tanah yang berlumpur.

Mengenal Hewan Bebek dan Penjelasannnya


Ciri Khusus Bebeb dan Fungsinya
1. Bulu berlapis lilin
Bulu yang dimiliki oleh hewan bebek berbeda dengan hewan lainnya, dimana bulu bebek dilapisi atau berlapis lilin. Fungsinya dari bulu tersebut adalah supaya ia ketika sedang berenang di air, bulunya tetap terjaga kekeringannya. Atau dengan kata lain, fungsi bulu bebek berlapis lilin yakni untuku menjaga bulunya agar tetap kering. Selain berlapis lilin, pada bagian bulu bebek ada tekstur lembut yang memiliki fungsi untuk menghangatkan tubuhnya.

2. Kaki Berselaput
Apakah Anda pernah memerhatikan seekor bebek yang tengah bermain? Apa yang bisa Anda sebutkan atau jelaskan ketika memerhatikan pada baginya kakinya? Hal yang bisa dperhatikan pada kaki bebek salah satunya adalah memiliki selaput. Fungsi dari kaki berselaput tersebut adalah untuk bisa menapak di tanah berlumpur, agar tidak tenggelam ketika d air, dan digunakan pulan untuk mendayung di air.

3. Leher Bebek yang Panjang dan Melengkung
Pernahkan Anda memerhatikan leher bebek? Bebek ternyata memiliki leher yang panjang. Dimana leher tersebut digunakan untuk mengais makan ketika sedang di air. Selain itu, leher yang dimiliki oleh bebek dapat melengkung ke belakang sehingga sampai pada sayapnya, punggungnya, dan juga dadanya. Dimana, dengan kemampuan yang dimiliknya seperti itu bisa dimanfaatkan untuk membersihkan tubuhnya sendiri, hal itu karena bebek juga merupakan salah satu hewan yang suka menjaga kebersihan dirinya.

4. Jarang atau Bahkan Tak Mengerami Telurnya
Bebek tentunya berbeda dengan ayam dalam hal mengerangi telurnya. Dimana, bebek ini jarang atau bahkan tidak mengerangi telurnya sendiri. Tentunya hal ini juga memiliki fungsinya yang bisa dimanfaatkan, yakni dengan begitu bebek bisa memperoleh telur yang jumlahnya banyak.

5. Warna Bulu
Sebagai pengetahuan, bahwa tubuh bebek ukurannya hampir sama persis sehingga jika warnanya sama maka sulit untuk membedakan apakah itu bebek jantan atau betina. Namun ternyata, warna bulu bebek antara yang jantan dan yang betina memiliki perbedaan, yakni jika bulu bulu yang dimiliki oleh bebek jantan terlihat lebih cerah dan menarik, serta untuk bulu pada bebek betina terlihat lebih kusam.
Nah, warna bulu yang kusam pada bebek betina itu bisa dimanfaatkan untuk melakkan kamuflase yang berfungsi untuk menghindarkan dirinya dari para pemangsa ketika dirinya tengah berada di sarang. Sementara bulu yang cerah yang dimiliki oleh bebek jantan adalah untuk menarik perhatian dari bebek yang betina.

Cara Perkembangbiakan Bebek
Bebek berkembangbiak dengan cara bertelur, atau sering kita kenal dengan istilah ‘ovivar’. Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa bebek bertelurnya suka banyak karena jarang atau tidak mengerami telurnya tersebut.

Makanan Bebek
Untuk mempertahankan hidupnya agar dirinya tidak mati, maka ia butuh makan. Makanan bebek terdiri dari berbagai jenis makanan yakni ikan, serangga, tanaman air, cacing, amfibi keci, dan moluska kecil. Untuk bebek penyelam dan juga bebek laut, biasanya mencari makanannya di kedalaman air.

Itulah pengetahuan tentang Hewan Bebek dan Penjelasannya. Semoga bermanfaat!!!

0 comments:

Post a Comment