Blog Seorang Guru SD Untuk Berbagi Secara Online

Permainan Anak, Rumah Balon Raksasa yang Bikin Ketagihan

Pada bulan ramadhan 1438 H yang baru saja berlalu, anak saya yang bernama Firyal Hasna Firdaus seringkali mengajak untuk ‘ngabuburit’. Ngabuburit adalah kegiatan yang dilakukan oleh sebagian besar orang yang sedang berpuasa untuk menunggu adzan magrib. Seperti biasa, sebagai warga Kota Tasikmalaya, kami melakukan ngabuburit di lapangan Dadaha. Pasalnya, ketika bulan ramadhan berlangsung di lapangan Dadaha berubah menjadi pasar dadakan. Dimana, segala makanan hampir ada dijual disana, seperti ba’wan, cilok, bacil, minuman pembukan yakni es kelapa muda, es duren, dan banyak lagi yang lainnya.
Selain itu, bukan hanya jenis makanan saja yang ada. Tetapi, wahana bermain anak. Salah satunya adalah rumah balon rakrasa. Mengapa saya mengatakan rumah balon raksasa? Ya karena saya perhatikan, bahwa permainan itu terbuat dari balon yang dibentuk seperti rumah-rumahan. Dan anak-anak itu terlihat sangat menyukai permainan tersebut. Pasalnya, hampir setiap hari di wahana permainan itu dipenuhi oleh anak-anak, baik anak perempuan maupun juga laki-laki.
Nampaknya, permainan rumah balon raksasa bisa menyebabkan anak menjadi ketagihan? Mengapa kami menyebutkan demikian? Karena anak kami yang bernama Firyal, hampir setiap hari mengajak ngabuburit untuk bermain di wahana bermain rumah balon raksasa tersebut.
Bahkan, suatu saat Firyal pernah datang ke tempat kerjaan saya yang dekat dengan Alun-alun Kota Tasikmalaya. Katanya dia ingin ngabuburit bersama ayah. Awalnya, saya kira dia ingin ngajak ngabuburitnya ke alun-alun. Dimana, di tempat itu juga dipenuhi oleh orang-orang yang sedang ngabuburit yang entah untuk menunggu sore atau sekedar berbelanja untuk buka puasa.
Eh ternyata, pas ditanya mau kemana ngabuburitnya? Dia jawab mau ngabuburit ke Dadaha, mau main balon. Padahal, lokasi dari rumah ke kantor tempat bekerja, lokasinya lebih jauh ketimbang langsung ke lapangan Dadaha. Ya, mungkin itu namanya juga anak-anak. Atau mungkin juga dia ingin ngabuburitnya sama ayahnya, karena selama ini dia seringkali ngabuburitnya bersama bundanya.

Apa yang dilakukan anak-anak ketika bermain di rumah balon raksasa?
Permainan Anak, Rumah Balon Raksasa yang Bikin Ketagihan
Foto : Dokumen pribadi

Ketika saya perhatikan anak-anak yang sedang bermain, anak-anak itu naik turun sambil ‘sosorodotan’. Dimana, mereka naik dari pintu yang satu dan turun dari pintu yang satunya lagi. Ketika turun, apabila anaknya banyakan biasanya mereka berpegangan tangan sambil tertawa-tertawa. Nah, mungkin disana juga ada hal yang penting yang bisa dijadikan pembelajaran untuk anak kita, yakni dalam bermain ada unsur kebersamaannya. Padahal, mereka itu satu sama lainnya tidak saling kenal.
Bagi saya, dari permainan itu bisa diambil nilai positifnya yakni anak-anak bisa bergaul secara nyata dengan teman-teman yang seusinya. Bukan permainan yang asyik dilakukan sendiri seperti bermain game online di HP. Pasalnya, seperti yang diketahui bersama bahwa anak sekarang sudah pandai mengoperasikan HP secara mandiri. Meskipun tidak dioperasikan terlebih dahulu oleh orangtuanya.

Apa yang menarik dari permainan rumah balon raksasa?
Menurut saya pribadi, permainan tersebut bisa menarik bagi anak-anak karena desainnya yang unik. Dalam hal ini, balonnya didesain dengan warna warni yakni ada yang berwarna merah, kuning, hijau, biru, maupun juga ungu. Untuk lebih jelasnya, bisa Anda perhatikan pada gambar di bawah ini!
Permainan Anak, Rumah Balon Raksasa yang Bikin Ketagihan
Foto : Dokumen pribadi
Meskipun permainan itu bisa membuat anak-anak menjadi ketagihan, tapi bukan berarti ke hal-hal yang mengarah negatif. Hanya saja, mungkin resiko yang ditimbulkannya adalah orangtuanya harus menyisihkan sebagian uangnya untuk menuruti kemauan anak untuk bermain disana. Namun, ada hal penting  yang bisa diperoleh oleh kita sebagai orangtua jika kita peka yakni permainan itu bisa dijadikan sebagai latihan berperilaku sosial pada anak. Dimana satu sama lainnya saling memperkenalkan diri sehingga mereka bisa bermain bersama dalam satu wahana tersebut.

Itulah mungkin tulisan yang hanya sekedar coretan saja, yang mudah-mudahan bisa memberikan informasi yang berguna untuk para pembaca setia blog pribadi saya. 

0 comments:

Post a Comment