Blog Seorang Guru SD Untuk Berbagi Secara Online

Koleksi Buku Untuk Tanamkan Gemar Membaca Pada Anak

Membaca merupakan suatu kebutuhan bagi manusia. Pasalnya, dengan membaca manusia bisa memperoleh ilmu pengetahuan dan berbagai informasi. Sejatinya, agar seseorang gemar pada kegiatan membaca haruslah ditanamkan sejak dini atau masih anak-anak. Dengan begitu, ketika dirinya berinjak sudah besar maka membaca akan menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi oleh dirinya.
Salah satu cara untuk menanamkan kegiatan membaca pada anak adalah dengan mendekatkan dirinya pada buku. Dalam hal ini, orangtua harus menyisihkan rizkinya untuk untuk membeli berbagai buku, baik buku bacaan berupa dongeng maupun juga bacaan lainnya. Yang tentunya bacaan itu disesuaikan pula dengan usianya.
Koleksi Buku Untuk Tanamkan Gemar Membaca Pada Anak
Foto Anak sedang bermain (Dokumen pribadi)

Biasanya, anak-anak sangat senang dengan buku yang bergambar. Maka dari itu, buku bacaan yang bergambar nampaknya sangat cocok. Hal itu tujuannya agar anak tertarik dulu pada buku. Yang kemudian didampingi untuk membaca buku tersebut.
Langkah yang kami lakukan agar anak bisa senang terhadap buku adalah dengan mengoleksi buku-buku anak. Dimana, kita pun sebagai orangtua memberikan contoh padanya dengan seringkali membaca buku di dekatnya. Biarkan anak kita memerhatikan kita dan duduk di samping kita ketika sedang membaca buku. Dan si anak pun kita berikan buku juga untuk ia lihat-lihat gambarnya.
Sebagai informasi saja, ketika suatu saat anak saya bermain bersama temannya. Mereka bermain dengan memanfaatkan buku. Untuk foto kegiatannya bisa Anda lihat di bawah ini!
Koleksi Buku Untuk Tanamkan Gemar Membaca Pada Anak
Foto dua Anak sedang bermain buku (Dokumen pribadi)
Seperti yang kita perhatikan dari foto di atas, bahwa buku-buku itu dijajarkan oleh dua orang anak. Keduanya sedang asyik nampak terlihat sedang menikmati dunianya dalam bermain. Dua anak itu namanya adalah Zahrah dan Firyal. Keduanya memang senang bermain bersama dan ketika bermain mereka itu sangat akur. Saking akurnya saya pun tak pernah melihat keduanya berselisih.
Melihat keduanya sedang bermain buku-buku. Secara pribadi saya sangat senang. Pasalnya, mudah-mudahan saja hal tersebut bisa menjadi cikal bakal keduanya untuk menyenangi buku dan senang pada kegiatan membaca.
Infomasi ini sebenarnya hanya sebatas informasi saja. Bukan maksud untuk agul atau menyombongkan diri dengan mengekspos keluarga sendiri. Akan tetapi, informasi ini disampaikan bertujuan baik yakni sebagai bahan inspirasi bagi orangtua semuanya bahwa mendekatkan anak pada buku pada anak sangatlah penting. Jika mereka sejak dini sudah senang terhadap buku, maka suatu harapan besar kelak pun mereka akan tetap menyenanginya. Tentunya, tanpa harus memaksa kepada anak-anak untuk belajar dan membaca. Karena mereka pun sudah menganggap bahwa buku adalah teman bagi dirinya.
Sungguh luar biasa, apabila semua orangtua mampu menyisihkan sebagian rizkinya untuk disisihkan dalam membeli buku bagi anak. Hal itu akan menjadi investasi berharga yang akan kita dapatkan di waktu mendatang. Pastinya, kita pun sebagai orangtua akan merasa bahagia jika memiliki anak yang berpengetahuan luas karena senang membaca.
Saya yakin, bahwa Anda semua yang sudah memiliki anak adalah orangtua yang hebat. Dimana, saya juga yakin bahwa Anda pun akan mempersiapkan sesuatu yang baik untuk anak-anaknya. Bahkan, seperti yang seringkali kita lakukan bahwa kita seringkali rela menuruti keinginan anak agar anak berbahagia. Namun, tentunya dalam batas yang sewajarnya yakni sesuai dengan kemampuan dan sesuai dengan kebutuhan.
Harapan terbesar saya adalah bahwa generasi bangsa mendatang bisa memiliki pengetahuan luas yang diimbangi dengan karakter positif pada dirinya seperti karakter kejujuran, kedisiplinan, dan juga karakter-karakter baik pada dirinya.

Marilah secara seksama kita doakan semoga anak kita semua biasa menjadi seorang anak yang bisa berguna dan bermanfaat bagi keluarga, agama, nusa, bangsa, dan Negara. Aminnn…

0 comments:

Post a Comment