Blog Seorang Guru SD Untuk Berbagi Secara Online

Jagalah Selalu Kejujuran Dalam Hidup Kita

Dalam hidup manusia, kejujuran memiliki peranan yang sangat penting. Kejujuran merupakan modal yang harus selalu dijaga oleh kita semua dalam menjalani kehidupan ini. Pada dasarnya, jujur adalah tindakan manusia yang sesuai dengan kebenaran, baik ucapan maupun perbuatan. Orang yang jujur pasti akan dihargai oleh orang lain yang ada di sekitarnya. Berbeda dengan orang yang pembohong, pastinya akan dijauhi oleh banyak orang.
Jagalah Selalu Kejujuran Dalam Hidup Kita
Foto Firyal di Taman Kota Tasikmalaya (Dokumen pribadi)

Kejujuran dalam hidup tak bisa dinilai dengan materi atau katakanlah tak bisa ‘diuangkan’. Dalam artian kejujuran itu lebih berharga daripada sebuah materi yang terus manusia cari. Namun, pada kenyataannya tak sedikit manusia yang haus dengan materi dan mengorbankan kejujurannya. Sebagai contoh misalnya, seseorang yang ingin kaya raya dan berlimpah harta benda, kemudian dia lakukan tindakan curang seperti korupsi. Padahal, jelas-jelas bahwa korupsi itu merupakan perilaku tercela dan merupakan suatu tindakan kejahatan. Apalagi, jika yang dikorupsi tersebut adalah ‘uang rakyat’ yang seharusnya diperuntukkan untuk kesejahteraan rakyat.
Sebenarnya, kejujuran itu cakupannya sangat luas. Kita sebagai pekerja pun harus memegang teguh suatu kejujuran. Katakanlah kita merupakan suatu karyawan di perusahan. Tentunya kita harus tunduk pada aturan dan tata tertib yang telah dibuat oleh perusahaan tersebut. Bagaimana contohnya?
Misalnya saja, Anda bertugas sebagai seseorang yang bertugas sebagai bendahara. Dimana posisi Anda itu kebanyakan berurusan dengan keuangan. Jangan sekali-kali Anda lakukan kecurangan dengan membuat laporan palsu. Karena jika itu terjadi, bukan saja akan merugikan perusahaan itu sendiri melainkan juga akan merugikan Anda yakni orang lain akan memberi penilaian buruk bagi Anda. Dan apabila Anda nantinya ingin bekerja lagi, maka Anda pun akan mengalami kesulitan karena informasi tentang kebukuran Anda telah tersebar. Dalam artian, Anda sudah mendapatkan reputasi yang buruk.
Saya masih ingat pesan dari orangtua saya yaitu “jagalah selalu kejujuran”. Suatu pesan yang merupakan amanat besar yang harus selalu dijaga demi menggapai kesuksesan hidup. Kesuksesan yang langgeng yakni sebuah kesuksesan dalam menjaga nama baik diri sendiri dan juga keluarga.
Kesuksesan hidup sejatinya tak boleh hanya dipandang dan diukur dengan seberapa banyak harta yang dimilikinya. Atau seberapa bagus karier yang diperolehnya. Namun, seberapa besar orang lain menghargai kita atas kejujuran yang selama ini dijaga. Itulah yang paling berharga, dan jika itu terjadi maka materi pun akan datang menghampiri karena orang akan percaya kepada Anda sebagai sosok yang dapat dipercaya.
Sungguh sangat miris jika mendengar bahwa ‘mencari orang jujur sangat sulit’. Itu mungkin saja karena kita seringkali dihadapkan pada berita-berita yang memuat tentang kebohongan atau kecurangan. Contoh misalnya, si A ditangkap KPK karena korupsi, si B ditangkap polisi karena menggelapkan dana perusahaan.
Padahal, secara pribadi saya yakin bahwa masih banyak orang yang dalam kehidupannya masih menjaga kejujuran, termasuk orang itu adalah Anda sendiri. Dengan demikian, teruslah jaga kejujuran itu di dalam kehidupan kita. Tentunya demi kebaikan untuk diri kita sendiri maupun juga demi kebaikan orang lain.
Selain itu, bagi kita yang sudah memiliki keturunan atau anak. Sikap kejujuran harus ditanamkan sejak dini kepada anak. Jika kita ingin anak kita menjadi orang jujur, maka janganlah lakukan kebohongan padanya. Misalnya kita berjanji akan membelikan sesuatu padanya jika dia berhasil memperoleh nilai bagus di sekolahnya. Terus, ketika si anak telah berhasil atas kerja kerasnya kita malah mengabaikan dengan tidak memenuhi janji yang telah diucapkan kepadanya. Pastinya, secara tidak disadari perilaku kebohongan itu akan melekat pada anak dan secara tidak disadari kita sebenarnya sedang mengajarkan suatu kebohongan.

Maka dari itu, yu kita saling mengingatkan bahwa kejujuran itu merupakan sesuatu yang sangat penting yang harus dijaga di dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja, kita semua termasuk orang-orang yang bisa menjaga kejujuran dalam hidup. Aminnn…

0 comments:

Post a Comment