Blog Seorang Guru SD Untuk Berbagi Secara Online

Hikmah Melakukan Ziarah Kubur

Ziarah kubur merupakan suatu kegiatan yang berkunjung ke kuburan (pemakaman). Biasanya, ziarah kubur dilakukan ke makam para wali atau wali songo (Sembilan wali), makam keluarga seperti kakek dan nenek yang sudah wafat, ibu dan ayah yang sudah wafat, atau juga makam saudara-saudara lainnya yang bisa kita kunjungi.
Di hari kelima lebaran tahun 2017 ini, seperti biasa kami sekeluarga di Dadaha (keluarga istri) melakukan ziarah ke makam almarhum bapak mertua saya. Dimana kataya, almarhum bapak mertua meninggalnya itu ketika istri saya masih anak-anak dan belum sekolah. Sehingga, sang ibu mertua pun harus bekerja keras untuk memenuhi kbutuhan hidup dan pendidikan anak-anaknya.
Hikmah Melakukan Ziarah Kubur
Foto Ziarah Kubur ke Makam Bapak Mertua (Dokumen pribadi)
Ternyata, setelah berselancar di pencarian online dengan memanfaatkan layanan Mbah Google, ziarah kubur itu memiliki hikmah yang terkandung di dalamnya. Adapun hikmah dari ziarah kubur adalah sebagai berikut:
1. Mengingat pada kematian
Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa segala sesuatu yang hidup pasti akan akan mengalami mati. Kematian seseorang hanya Alloh Swt yang mengetahui, kapan seseorang akan dicabut nyawanya. Bagaimana seseorang menempuh kematiannya. Dan dimana tempat seseorang itu menempuh ajalnya.
Kita pun seringkali mendengar dan mengetahui, bahwa matinya seseorang bukan hanya karena dia mengalami sakit. Namun, seseorang yang sedang terlihat sehat pun tak sedikit yang mengalami kematian secara tiba-tiba.
Waktunya pun tak bisa ditentukan, ada yang meninggal pagi hari, siang hari, maupun juga malam hari. Selain itu, prosesnya pun berbeda seperti halnya ada yang meninggal karena sakit, kecelakaan di jalan, bahkan ada pula yang sedang menikmati liburan misalnya sedang berenang di pantai tiba-tiba terbawa ombak.
Nah, bagi kita sebagai umat muslim, mengingat kematian adalah suatu keharusan. Dengan begitu, kita bisa berusaha untuk menjadikan diri kita lebih baik lagi dengan banyak melakukan kebaikan. Paling tidak, kita berusaha untuk menjauhi tindakan-tindakan yang bisa merugikan diri sendiri maupun juga tindakan yang bisa merugikan orang lain.
Jika kita seringkali mengingat akan kematian, pastinya dalam diri kita akan tertanam rasa takut yakni takut untuk banyak berbuat dosa dan takut ketika sedang melakukan kegiatan dosa tiba-tiba waktu kematian kita telah tiba. Sehingga, apa-apa yang dilakukannya adalah hal-hal kebaikan semata.
Pastinya, berbeda dengan seseorang yang tak pernah mengingat kematian. Dia bisa saja berperilaku dengan seenaknya saja. Dia beranggapan bahwa hidupnya akan kekal, sehingga yang dilakukannya hanya sebatas untuk memenuhi hasrat nafsunya.
Mudah-mudahan, kita semua bisa menjadi hamba Alloh Swt yang selalu berusaha untuk melakukan kebaikan dan menjadikan hidup ini bermanfaat dan bermartabat.

2. Penambah rasa syukur atas nikmat Alloh Swt
Bagi kita yang masih hidup, tentunya adalah nikmat besar yang Alloh Swt berikan kepada kita semua. Kita masih masih bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan sehat. Kita masih bisa menikmati minum dan makan. Kita masih bisa menikmati segarnya udara dengan menghirupnya setiap waktu. Kita masih bisa memenuhi kebutuhan hidup dan kemauannya. Dan kita juga masih bisa menikmati nikmat-nikmat lainnya yang Alloh Swt berikan di dunia ini.
Dengan begitu, hikmah berikutnya yang bisa diperoleh dari ziarah kubur adalah bisa menambah rasa syukur kita kepada Alloh Swt. Rasa syukur yang sudah semestinya kita lakukan… Alhamdulillah ya Alloh atas segala nikmat yang telah Engkau berikan kepada hamba, keluarga, dan saudara-saudara hamba.  

Kita berdoa saja, mudah-mudahan kita semua bisa termasuk dalam orang-orang yang selalu berusaha melakukan kebaikan dan menghindari dalam hal kejelekan. Selain itu, mudah-mudahan pula kita semua termasuk orang-orang yang pandai bersyukur. Aminnn…

0 comments:

Post a Comment