Sabtu, 27 Mei 2017

Ciri Khusus Hewan Kucing dan Bunglon

Ciri Khusus Hewan Kucing dan Bunglon : Makhluk hidup yang ada di dunia ini harus bisa adaptasi. Adaptasi merupakan kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Salah satu cara makhluk hidup bisa beradaptasi dengan lingkungannya, yakni memiliki ciri khusus.
Hewan yang memiliki ciri khusus tentunya sangat banyak. Misalkan, hewan kelelawar memiliki kemampuan ekolokasi dan aktif di malam hari. Selain itu, hewan landak juga memiliki ciri khusus seperti rambutnya yang keras dan tajam.
Pada bahasan sekarang, ciri khusus pada hewan yang akan disampaikan adalah berkaitan dengan hewan kucing dan bunglon.
1. Kucing

Ciri Khusus Hewan Kucing dan Bunglon
Berbicara tentang hewan yang satu ini memang sudah tak asing lagi. Bahkan, mungkin saja Anda sekalian memelihara kucing di rumahnya. Namun, tahukah Anda jika sebenarnya kucing tersebut memiliki ciri khusus?
Ciri khusus hewan kucing adalah sebagai berikut:
a. Mempunyai misai
Manfaat misai yang dimiliki oleh kucing adalah sebagai petunjuk dalam menentukan arah ketika kucing itu berjalan di tempat yang gelap atau di malam hari.

b. Memiliki mata tajam
Mata tajam pada kucing fungsinya adalah untuk mencari mangsa di malam hari. Jika kita perhatikan, bahwa mata kucing berbeda dengan mata yang lainnya. Apalagi, ketika malam hari dan dalam keadaan gelap ketika kita berpapasan dengan kucing di jalan. Maka, kita akan melihat seolah-olah mata kucing itu menyala.

c. alat keseimbangan pada telinga
Fungsinya adalah untuk mengatur keseimbangan pendengarannya, sehingga ketika kucing jatuh maka posisinya akan tetap tegak berdiri.

d. memiliki bantalan halus di telapak kaki
Fungsinya adalah untuk memperkecil suara langkah pada kakinya ketika sang kucing sedang berjalan.

e. bola mata yang mengecil dan membesar
Fungsinya adalah untuk mengatur cahaya yang masuk.

f. Tidur membungkuk
Jika kita perhatikan, kucing tidurnya adalah membungkuk. Ternyata, kucing tersebut tidurnya membungkuk memiliki tujuan yakni agar tubuhnya tetap hangat atau untuk menjaga kehangatan tubuhnya tetap stabil.

2. Bunglon
Ciri Khusus Hewan Kucing dan Bunglon

Bunglon merupakan hewan yang dikenal dengan kemampuan untuk mengubah warna kulitnya atau juga tubuhnya menyerupai atau menjadi keadaan lingkungan yang dilihat oleh mata hewan itu. Kemampuan bunglon tersebut dikenal dengan istilah “mimikri”.
Sementara itu, untuk ciri Khusus hewan bunglon lainnya adalah sebagai berikut:
a. Kepala
Pada bagian kepala bunglon ada segi-segi yang bersudut. selain itu, bunglon juga pada bagian dagunya memiliki kantung yang lebar.

b. Kaki
Kaki bunglon mempunyai kemampuan untuk mencengkeram seperti halnya tangan. Sehingga, kaki bunglon bisa mencengkeram dengan kuat.

c. Mata
Mata yang dimiliki bunglon bisa berputar dan juga bisa melihat ke segala arah.

d. Ekor
Ekor bunglon bisa menggulung, fungsinya adalah agar bisa bergantung di pohon.

Demikian informasi yang bisa disampaikan tentang Ciri Khusus Hewan Kucing dan Bunglon. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

Ciri Khusus Hewan Kucing dan Bunglon
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email